Media Tumbuh Dan Tanam Untuk Anggrek

Media Tumbuh Dan Tanam Untuk Anggrek – Apa itu media tumbuh bagi anggrek? Media tumbuh bagi anggrek adalah tempat untuk meletakatnya akar anggrek. Karena anggrek hanya memiliki akar yang lunak dan mudah dipatah, maka tak mungkin jika anggrek hidup sendiri di satu tempat. Pasti ada tanaman lain yang digunakan sebagai tempat melekatnya akar dari anggrek tersebut.

Tanpa adanya media tumbuh, tanaman anggrek tidak akan tegak dengan kokoh seperti tanaman pada umumnya. Untuk itulah, penggunaan media tumbuh harus diterapkan. Karena itulah hal yang paling utama adalah menyiapkan media tumbuh bagi tanaman anggrek.Media Tumbuh Dan Tanam Untuk Anggrek

Advertisements

Bisa dibilang menyiapkan media tumbuh  merupakan hal yang paling utama. Tanpa adanya media tumbuh, mungkin anggrek tidak bisa tumbuh dengna sempurrna.

Selain membuat tanaman anggrek menjadi tumbuh dengan kokoh, fungsi lain dari media tumbuh adalah menyimpan hara dan juga air. Selain itu, media tumbuh juga berfungsi sebagai pengatur kelembapan. Jadi, banyak bukan fungsi dari media tumbuh bagi anggrek.

Media Tumbuh Dan Tanam Untuk Anggrek

Karena media tumbuh berfungsi sebagai tempat melekatnya akar tumbuhan anggrek, jadi media tumbuh perlu memenuhi beberapa syarat. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Mengenal Tanaman Hias Walisongo

Advertisements
  1. Aerasi dan drainase yang sangat baik. Tanpa adanya aerasi dan drainase yang baik, maka anggrek tidak bisa tumbuh.
  2. Tahan lama. Media tumbuh perlu yang tahan lama agar anggrek juga tahan lama juga.
  3. Tidak menjadi sumber penyakit. Media tumbuh yang baik adalah yang tidak menjadi sumber penyakit atau yang tidak menjadi tempat penyakit bersarang.
  4. Dan yang terakhir adalah mudah memperoleh media tumbuh. Pilihlah media tumbuh yang mudah didapatkan.

Itulah  beberapa syarat media tumbuh yang harus dipenuhi. Mungkin jika Anda memiliki syarat yang mungkin baik untuk memenuhi syarat media tumbuh, mungkin bisa Anda masukkan.

Tidak sembarangan media  yang bisa digunakan sebagai media tumbuh. Hanya beberapa media saja yang bisa digunakan sebagai media tumbuh.

Media tanam untuk tanaman hias anggrek

Contoh media yang dapat digunakan sebagai media tumbuh adalah seperti sabut kelapa, pakis dan arang. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, mari kita simak penjelasan di bawah ini.

  • Media tanam Sabut kelapa 

Sabut kelapa merupakan salah satu media yang bisa digunakan sebagai media tumbuh. Sifatnya yang tahan lama dan juga mempunyai sifat dapat mengikat dan menyimpan air dengan baik.

Kedua hal tersebut harus ada di dalam suatu media. Dan media sabut kelapa ini ada. Oleh karena itu, media sabut kelapa bisa digunakan untuk media tumbuh.

  • Pakis

Siapa yang tidak tahu pakis. Pakis merupakan tumbuhan sejenis paku-pakuan. Pakis sangat baik digunakan sebagai media tumbuh. Pasalnya tanaman yang satu ini mempunyai syarat-syarat yang telah disebutkan di atas. Pakis juga mampu menempelkan akar dari anggrek.

  • Arang

Arang juga merupakan salah satu media yang bisa digunakan sebagai media tumbuh. Arang yang dipakai bukanlah arang yang kecil. Melainkan arang yang telah diatur besar atau kecilnya arang yang akan dibutuhkan.

Baca Juga: Inilah 4 Keistimewaan Tanaman Anggrek

Demikian sedikit penjelasan mengenai Media Tumbuh Dan Tanam Untuk Anggrek semoga berguna dan bermanfaat..salam..

Advertisements
Media Tumbuh Dan Tanam Untuk Anggrek | Penulis | 4.5