Media Tumbuh Untuk Budidaya Anggrek

Media Tumbuh Untuk Budidaya Anggrek – Menanam anggrek memerlukan media tumbuh yang benar. Media tumbuh merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan anggrek yang bagus. Saat ini telah banyak muncul media tumbuh yang bermacam-macam. Setiap jenis tanaman anggrek itu berbeda-beda media tumbuhnya.

Memberikan media tumbuh yang tepat pada setiap jenis anggrek memang haruslah diberikan. Jangan sampai salah memberikan media tumbuh pada setiap jenis anggrek. Mengapa begitu? Sebab dapat memberikan dampak buruk bagi tanaman anggrek kedepannya karena tidak sesuai dengan media tumbuh yang seharusnya dipakai.Media Tumbuh Untuk Budidaya Anggrek

Advertisements

Media Tumbuh Untuk Budidaya Anggrek

Lantas, media tumbuh apa saja yang baik untuk pertumbuhan anggrek? Dan apa-apa saja contohnya? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, mari simak penjelasan di bawah ini.

Anggrek saprofit

Anggrek saprofit merupakan anggrek yang tumbuh pada tumpukan daun-daun kering atau humus. Jenis anggrek saprofit ini membutuhkan sedikit cahaya matahari untuk kelangsungan hidupnya.

Biasanya, jenis anggrek seperti ini menggunakan media tumbuh humus dan media tumbuh sejenisnya (media humus). Contoh anggrek saprofit diantranya seperti Calanthe, Goodyera, dan Spathoglottis.Baca juga Pahami penggunaan Media Tanam Anggrek

Anggrek epifit

Anggrek epifit merupakan jenis anggrek yang tumbuh menumpang pada tumbuhan lain seperti pohon dan tumbuhan lainnya. Akan tetapi, anggrek ini tidak merugikan tumbuhan yang ditumpanginya tersebut. Jenis anggrek epifit juga memerlukan naungan sebagai tempat untuk melindungi diri dari cahaya matahari yang berlebihan.

Advertisements

Biasanya jenis anggrek epifit ini menggunakan media tumbuh berupa cacahan pakis, moss, serat sabut kelapa yang sudah tua, dan arang. Contoh jenis anggrek epifit diantaranya seperti Phalaenopsis, Cattleya, Vanda, Oncidium, Dendrobium, Cymbidium dan Ascocenda.

Anggrek terestrial

Anggrek terestrial merupakan anggrek yang tumbuh di atas permukaan tanah. Anggrek jenis ini membutuhkan sinar matahari yang utuh untuk kelangsungan hidupnya. Jenis anggrek terestrial ini biasanya tumbuh pada media tumbuh seperti serutan kayu yang diatasnya diberikan pupuk kandang. Namun pupuk kandangnya haruslah steril dan tidak terkontaminasi oleh bakteri-bakteri manapun.

Apa-apa saja contoh anggrek terestrial itu? Contoh anggrek terestrial diantaranya seperti Aranthera, Vanda, Renanthera, dan Arachnis.simak juga Pot Paling Bagus Untuk Menanam Anggrek

Itulah beberapa jenis anggrek dan media tumbuh yang sesuai.

Akar tanaman anggrek sangatlah membutuhkan banyak oksigen. Untuk mendapatkan oksigen yang banyak tersebut kita harus membuat media tumbuh yang mempunyai banyak rongga. Media tumbuh yang memiliki banyak rongga membuat akar menjadi banyak mendapatkan oksigen.

Ketika memakai media tumbuh, media tumbuh tersebut haruslah steril. Lantas, bagaimana cara menyeterilkan media tumbuh? Cara menyeterilkan media tumbuh adalah dengan cara sebagai berikut.

  • Potongan media tumbuh haruslah dicuci terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar tanah yang melekat pada media tumbuh hilang.
  • Kemudian, media tumbuh di rendam di dalam larutan fungisida dengan dosis yang telah ditentukan.
  • Setelah direndam, selanjutnya media tumbuh diangkat lalu dikeringkan.
  • Media tumbuh telah selesai disterilkan dan bisa digunakan untuk membudidayakan tanaman anggrek.

Mungkin hanya ini saja tulisan sore ini,jangan lupa untuk membaca tulisan sebelumnya Teknik Memindahkan Anggrek Ke Pot

Advertisements
Media Tumbuh Untuk Budidaya Anggrek | Penulis | 4.5