Memilih Lokasi Penyemaian Biji Tomat Unggul

Memilih Lokasi Penyemaian Biji Tomat Unggul – Untuk menyemai benih tomat, tempat atau lokasi penyemaian juga turut menjadi perhatian. Pasalnya lokasi atau tempat menyemai juga menentukan baik atau tidaknya benih yang akan disemai nantinya.

Oleh karena itulah ketika hendak menyemai benih, sebaiknya ditentukan terlebih dahulu lokasi penyemaian yang baik.

Lokasi penyemaian antara penghobi dengan petani tomat itu berlainan. Untuk lokasi penyemaian bagi para penghobi, lokasi yang baik dan bisa dipilih adalah disekitar perumahan saja. Mengapa begitu? Karena para penghobi biasanya hanya bertanam tomat dengan skala kecil.

Advertisements

Oleh karena itulah, apabila penghobi tersebut meletakkan media penyemaiannya tersebut di tempat yang jauh dari rumahnya, itu akan menyulitkan bagi para penghobi. Untuk apa jika hanya sedikit media penyemaian tetapi tempatnya jauh dari lokasi rumah? Bukankah itu akan menyulitkan.Memilih Lokasi Penyemaian Biji Tomat Unggul

Lagi pula apabila penghobi meletakkan media penyemaian disekitar lingkungan rumah, pengontrolan media penyemaian dapat dilakukan setiap harinya tanpa harus pergi jauh-jauh dari lingkungan sekitar rumah.

Memilih Lokasi Penyemaian Biji Tomat Unggul

Lokasi yang baik untuk media penyemaian bagi para penghobi adalah ditempat yang tidak terlalu banyak tetapi tidak terlalu sedikit pepohonannya. Pepohonan disekitar media penyemaian dimanfaatkan untuk perlindungan media penyemaian. Tanpa adanya pepohonan, media penyemaian tidak ada yang melindunginya dari terik matahari dan hujan.

Baca juga: Ciri Bibit Tomat Bagus Buah lebat Untuk Pot

Namun apabila kebanyakan pepohonan juga tidak baik untuk media penyemaian kedepannya. Pepohonan yang bisa dipakai bukanlah poohon yang besar seperti pohon beringin.

Advertisements

Melainkan hanya pepohonan kecil seperti lamtoro dan kelor. Kedua pepohonan ini sangat cocok dan juga tidak menutupi sinar matahari untuk menyinari media penyemaian.

Dan kedua pohon tersebut juga dapat melindungan media penyemaian dari sinar matahari yang terik pada siang hari. Hanya pepohonan kelor dan lamtoro sajalah yang bisa melindungi dari sinar matahari yang terik dan tidak menutupi sinar matahari yang ingin menyinari media penyemaian pada pagi hari.

Pada malam hari, usahakan media penyemaian tetap hangat dan terlindungi dari udara dingin. Udara yang terlalu dingin dapat membuat media penyemaian menjadi rusak dan bahkan mati.

Baca juga: Jenis Media Tanam Untuk Menanam Tomat

Jika di atas kita telah membahas mengenai lokasi media penyemaian untuk skala penghobi, kini kita akan membahas mengenai lokasi media penyemaian untuk skala bisnis.

Media tanam semai biji tomat

Untuk para pebisnis, biasanya mereka membuat media penyemaian dengan skala besar. Namanya saja juga berbisnis, pasti dilakukan dengan skala besar.

Lokasi yang cocok untuk para pebisnis untuk meletakkan media penyemaiannya adalah di green hous. Green hous sangat cocok untuk media penyemaian dengan skala bisnis. Hal ini dikarenakan green hous dapat menampung media penyemaian dengan skala besar.

Cara membuat green hous yang benar adalah dengan menggunakan kayu yang kokoh sebagai rangkanya. Untuk dindingnya bisa menggunakan plastik jenis acrylic.

Baca Juga: Media Tanam Menyemai Benih Tomat Sederhana

Alasan menggunakan plastik acrylic adalah supaya sinar matahari masuk ke dalam ruangan. Hanya plastik jenis acrylic sajalah yang dapat menembus sinar matahari ke dalam ruangan.Demikian Memilih Lokasi Penyemaian Biji Tomat Unggul semoga berguna

Advertisements
Memilih Lokasi Penyemaian Biji Tomat Unggul | Penulis | 4.5