Memililh Dan Memelihara Bibit Anggrek Unggul

Memililh Dan Memelihara Bibit Anggrek Unggul – Sebelum menanam anggrek, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Diantara hal tersebut, yang paling utama adalah memperhatikan bibit yang akan ditanam.

Bibit tanaman anggrek yang akan ditanam sebaiknya dipilih terlebih dahulu. Pilihlah bibit anggrek yang baik dan sehat. Selain itu, bibit anggrek juga harus yang bermutu dan berasal dari indukan unggulan.

Advertisements

Mengapa harus begitu? Karena bibit yang berasal dari induk unggulan akan menjadi anggrek unggulan kedepannya. Sifat tanaman anggrek yang turun temurun membuat anakan tanaman anggrek akan memiliki sifat yang sama seperti induknya.

Penanaman bibit anggrek dapat dilakukan melalui bibit dalam botol, bibit tanaman muda, bibit dalam kompot, dan bibit tanaman dewasa yang sudah berbunga dan termasuk anggrek unggulan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara menanam bibit dalam botol. Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut.Memililh Dan Memelihara Bibit Anggrek Unggul

Memililh Dan Memelihara Bibit Anggrek Unggul

Bibit yang digunakan untuk ditanam di dalam botol adalah bibit yang berasal dari pohon induk anggrek silangan unggulan. Kebanyakan anggrek yang dipelihara oleh para penghobis saat ini bibitnya berasal dari kecambah di dalam botol.

Kecambah di dalam botol ini sering disebut sebagai plantlet. Sebelum menggunakan plantlet, lakukanlah hal seperti berikut ini.Baca Juga Syarat Tumbuh Tanaman Hias Anggrek

Memilih plantlet yang baik

Advertisements

Plantlet bisa dibeli dipasar tanaman anggrek. Disana kita akan menemukan berbagai macam plantlet. Semakin banyaknya orang yang menyilangkan tanaman anggrek, maka semakin banyak pula plantlet yang ditawarkan.

Plantlet yang ada dipasaran tersebut ada yang berkualitas dan ada pula yang tidak berkualitas. Ketika memilih plantlet, perhatikanlah beberapa hal berikut ini.

  • Identitas penyilangan tanaman anggrek

Bibit anggrek yang baik adalah yang sudah terdaftar pada badan tertentu. Jika bibit anggrek belum terdaftar pada badan tertentu, maka bibit anggrek tersebut belum terbukti berkualitas.

  • Asal bibit Anggrek

Pilihlah anggrek yang berasal dari indukan yang berkualitas. Anggrek yang akan kita beli sebaiknya berasal dari orang-orang tertentu yang memang sudah berpengalaman dibidang tanaman anggrek. Dengan memilih anggrek yang berasal dari orang-orang tertentu maka kita tidak perlu lagi ragu dengan kualitas dari bibit anggrek tersebut.

  • Memilih plantlet dengan cermat

Pilihlah plantlet yang berisi sekitar 25 kecambah dalam satu botolnya. Selain itu, plantlet yang ada di dalam botol tersebut juga harus sudah berakar dan juga berdaun. Tidak boleh ada satu kecambah di dalam botol yang mati.

  • Pemindahan plantlet

Plantlet yang sudah kita beli, sebaiknya jangan disimpan terlalu lama. Mengapa tidak boleh disimpan terlalu lama? Karena akan mengakibatkan kebusukan. Apalagi plantlet yang hidup di dalam botol. Kurang lebih satu minggu lebih plantlet bisa bertahan di dalam botol.

Lebih dari satu minggu lebih plantlet yang disimpan tersebut tidak bisa dipakai. Oleh karena itu, sebelum membusuk, sebaiknya pindahkan plantlet kedalam pot bersama (kompot).demikian simak juga 3 Anggrek Hibrida Mudah Untuk Ditanam

Advertisements
Memililh Dan Memelihara Bibit Anggrek Unggul | Penulis | 4.5