Menanam bibit anggrek Dalam Botol(Plantlet)

Menanam bibit anggrek Dalam Botol(Plantlet) – Ketika ingin menanam anggrek, sebaiknya pilihlah bibit anggrek terlebih dahulu. Bibit anggrek yang baik adalah yang berasal dari indukan unggulan. Penanaman bibit dapat dilakukan di dalam botol maupun pada media lainnya. Saat ini kebanyakan para pecinta tanaman anggrek menanam bibit di dalam botol.

Tidak hanya itu, bibit dalam botol juga bisa dibeli. Bibit dalam botol dapat dibeli di pasar tanaman anggrek. Disitu kita akan mendapatkan berbagai jenis bibit dalam botol.

Advertisements

Mulai dari yang berkualitas hingga yang tidak berkualitas. Ketika ingin membeli bibit dalam botol sebaiknya kita harus teliti dan cermat. Karena dengan cara inilah kita akan mendapatkan bibit dalam botol yang berkualitas.Menanam bibit anggrek Dalam Botol(Plantlet)

Biasanya bibit dalam botol disebut juga dengan plantlet. Plantlet atau bibit yang telah dibeli, sebaiknya disimpan pada ruangan khusus. Ruangan khusus tersebut haruslah memenuhi beberapa persyaratan.

Persyaratan tersebut seperti terpenuhinya kebutuhan akan suhu, kelembapan udara, dan intensitas cahaya matahari. Jika ruangan khusus tersebut sudah terpenuhi  syaratnya maka bisa digunakan untuk penyimpanan plantlet atau bibit anggrek.

Menanam bibit anggrek Dalam Botol(Plantlet)

Di dalam ruangan khusus tersebut, suhu, kelembapan udara, dan intensitas cahayanya harus diatur. Suhu yang dianjurkan di dalam ruangan khusus tempat penyimpanan plantlet atau bibit adalah 22-25 derajat celcius.

Untuk kebutuhan akan intensitas cahaya matahari adalah 25% dan ditambah dengan bohlam. Pemasanga bohlam bisa dilakukan hingga jam sepuluh malam.Simak Juga 3 Anggrek Hibrida Mudah Untuk Ditanam

Advertisements

Setelah plantlet atau bibit berumur satu minggu lebih, plantlet atau bibit dapat dikeluarkan dari ruang penyimpanan. Setelah itu, keluarkan pula bibit dari botol. Ada beberapa bahan yang perlu dipersiapkan ketika ingin mengeluarkan bibit dari dalam botol. Alat-alat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Pinset. Bagian ujung pinset dibengkokkan dengan membentuk huruf U.
  • Wadah.
  • Tempat untuk penirisan.
  • Media tanam. Diantaranya seperti mos yang halus atau pakis.
  • Pecahan batu bata.
  • Larutan fungisida.
  • Styrofoam.
  • Pupuk NPK.
  • Pupuk cair.

Itulah beberapa peralatan yang perlu dipersiapkan ketika ingin memisahkan bibit dari dalam botol.

Bagaimana cara mengeluarkan bibit atau plantlet dari dalam botol? Caranya adalah sebagai berikut.

  • Botol diisi dengan air

Berfungsi sebagai apakah air dalam hal pengeluaran bibit atau plantlet dari dalam botol? Berfungsi supaya bibit tidak lengket di botol dan mudah mengeluarkannya. Bibit atau plantlet anggrek kebanyakan lengket pada botol.

Untuk memudahkan pengeluaran bibit atau plantlet dari dalam botol, sebaiknya isi botol dengan menggunakan air. Ketika ingin mengisi botol dengan air, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu bagaimana posisi botol

  • Bibit dikeluarkan dengan menggunakan pinset

Setelah bibit diisi dengan air dan kemudian air dikeluarkan dari dalam botol, kemudian jepitlah bibit satu demi satu. Penjepitan dapat dilakukan dengan menggunakan pinset. Sebaiknya tarik terlebih dahulu akar.

Penarikan akar terlebih dahulu bertujuan agar daun tidak tersangkut dan dapat mengakibatkan patah pada daun.Mungkin hanya ini saja yang bisa saya tuliskan.jangan lupa simak juga Memililh Dan Memelihara Bibit Anggrek Unggul

Advertisements
Menanam bibit anggrek Dalam Botol(Plantlet) | Penulis | 4.5