Menanam Dan Budidaya Buncis Di Pekarangan

Menanam Dan Budidaya Buncis Di Pekarangan – Tanaman Buncis termasuk sayuran yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai bahan pelengkap masakan. Tak jarang ibu rumah tangga di Indonesia yang memanfaatkan buncis untuk dijadikan sebagai bahan pelengkap masakan.

Petani di Indonesia juga banyak yang membudidayakan buncis. Tidak hanya petani saja, Anda sebenarnya juga bisa membudidayakan buncis ini. Apakah Anda tertarik? Jika Anda tertarik, mari simak penjelasan di bawah ini.

Advertisements

Tanaman buncis merupakan salah satu tanaman yang dapat dibudidayakan di pekarangan rumah atau di lahan kosong disekitar rumah. Oleh karena itu tanaman buncis dapat dibudidayakan di pekarangan rumah.

Tanaman buncis dapat dibedakan atas dua jenis. Yaitu buncis tegak dan buncis rambat. Dari kedua jenis buncis tersebut, yang paling unggul adalah buncis rambat. Mengapa begitu? Sebab, buncis rambat memiliki percabangan yang lebih banyak daripada buncis tegak. Selain itu, buku bunga dari buncis rambat juga lebih banyak dari buncis tegak.Menanam Dan Budidaya Buncis Di Pekarangan

Menanam Dan Budidaya Buncis Di Pekarangan

Tanaman buncis rambat dapat tumbuh di daerah yang bersuhu dingin. Buncis juga dapat tumbuh di daerah yang berketinggian 1200-1400 meter di atas permukaan laut. Membudidayakan buncis haruslah memperhatikan sistem drainase.

Hal ini karena buncis sangat peka terhadap sistem drainase yang kurang baik. Tanaman buncis sangat cocok ditanam di tanah yang berpasir ringan dan tentunya dengan sistem drainase yang baik pula.

Persiapan lahan tanaman buncis

Advertisements

Sebelum membudidayakan tanaman buncis, sebaiknya sediakan lahan yang cocok untuk tempat pembudidayaan. Satu minggu sebelum membudidayakan tanaman buncis, sebaiknya pengolahan lahan terlebih dahulu dilakukan. Pengolahan lahan meliputi penggemburan tanah, pembuatan bedengan, dan pemupukan.Baca Juga Cara Menanam Budidaya Timun Kusus Pemula

Penggemburan tanah dapat dilakukan apabila tanah tempat pembudidayaan buncis tersebut tidak gembur. Namun, apabila tanah tempat pembudidayaan buncis sudah gembur, maka tidak perlu diolah lagi. Hanya saja tinggal melakukan proses pembuatan bedengan dan pemupukan lahan saja. Akan tetapi, jika tanah belum gembur maka bisa digemburkan dengan cara dicangkul.

Tahap penanaman bibit buncis

Waktu penanaman harus dipikirkan sebelum penanaman dilakukan. Waktu penanaman yang baik adalah pada saat proses pembungaan terjadi pada saat bukan musim penghujan.

Fikirkan terlebih dahulu sebelum penanaman buncis dilaksanakan. Selain itu, memilih jenis benih yang berkualitas juga perlu diperhatikan sebelum penanaman berlangsung. Bagiamana cara menanam buncis ini? Caranya adalah sebagai berikut.

  • Buatlah lubang sedalam 10 cm.
  • Lubang ini digunakan untuk menanam biji buncis.
  • Masukkan biji buncis sekurang-kurangnya tiga buah biji.
  • Tutup kembali lubang yang telah dimasukkan biji buncis dengan menggunakan media tanam.
  • Siram tanaman buncis yang baru ditanam tersebut.

Penanaman pun selesai dilakukan.

Pemeliharaan harian buncis

Tahap pemeliharaan tanaman buncis diantaranya seperti penyiangan, penyulaman, dan pengairan. Untuk penyiangan sendiri dapat dilakukan pada saat gulma telah banyak menyebar disekitar area pembudidayaan.

Dan untuk penyulaman sendiri dapat dilakukan pada saat umur tanaman sudah mencapai satu minggu setelah penanaman berlangsung. Sedangkan untuk pengairan sendiri dapat dilakukan secara rutin.sekian dan jangan lupa untuk membaca artikel sebelumnya Cara Budidaya Menanam Daun Katuk Paling Mudah

Advertisements
Menanam Dan Budidaya Buncis Di Pekarangan | Penulis | 4.5