Menanam Jambu Biji di planter bag

Menanam Jambu Biji Di Planter bag – Bagi Anda yang tidak mempunyai lahan yang cukup luas untuk membudidayakan jambu biji, maka Anda bisa menggunakan pot sebagai media tanam.

Dengan menggunakan pot, maka Anda tidak memerlukan tempat yang luas untuk membudidayakan jambu biji. Pot terbagi atas empat jenis, yaitu pot plastik, pot kayu, pot drum, dan pot keramik atau semen.

Advertisements

Selain pot, ada satu media lagi yang bisa Anda pakai sebagai media tanaman jambu biji, apa itu? Selain pot, Anda bisa menggunakan planter bag. Apa itu planter bag? Planter bag yaitu kantong penanam sebagai alternatif pot sebagai media tanam.

Planter bag bisa Anda gunakan apabila Anda tidak mempunyai dana yang cukup untuk membuka lahan pertanian.Menanam Jambu Biji di planter bag

Kelebihan menanam jambu di planter bag

Planter bag mempunyai beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan pot. Apa kelebiahn dari planter bag? Beberapa kelebihan dari planter bag adalah daya tahan dari planter bag berkisar 11 tahun.

Waktu yang cukup lama bukan. Selain itu, planter bag juga disertai dengan sirkulasi udara dibeberapa sudutnya. Sirulasi udara tersebut berguna sebagai sirkulasi pernafasan bagi tanaman jambu biji.

Planter bentuknya dibuat menyerupai pot. Namun planter bag dibuat lebih simpel dan telihat lebih bagus dipandang oleh mata.

Advertisements

karena dibuat menyerupai pot, planter bag tentunya juga mempunyai ukuran tersendiri. Semuanya tergantung kepada Anda mau memilih ukuran yang mana. Ada yang berukuran kecil hingga ukuran yang paling besar.

Trik Penanam Jambu Biji

Di bawah planter bag, buatlah lubang-lubang kecil beberapa buah. Kegunaan lubang kecil tersebut sebagai sirkulasi udara dan juga sirkulasi air. Apabila palanter bag kelebihan air, maka air yang berlebih tersebut terbuang melalui lubang kecil yang telah Anda buat di bawah planter bag.

Bagaimana cara menanam tanaman jambu biji menggunakan planter bag? Cara menanam tanaman jambu biji menggunakan planter bag adalah sebagai berikut:

  • Persiapkan planter bag dengan ukuran sesuai dengan kebutuhan.
  • Siapkan pula tanah yang digunakan sebagai media tanam.
  • Tanah yang digunakan sebagai media tanam tersebut kemudian masukkan di dalam planter bag.
  • Meletakkan tanah jangan terlalu padat dan jangan terlalu sedikit.
  • Terakhir, buatlah lubang di tengah-tengah tanah untuk kemudian dimasukkan bibit jambu biji.

Pemilihan media tanam jambu biji

  • Sekam

Sekam terbagi atas dua jenis, yaitu sekam mentah dan sekam bakar. Sekam mentah memiliki sifat yang gampang mengikat air apabila tanaman kelebihan air, namun sekam mentah lebih cenderung sedikit mempunyai zat hara.

Sekam bakar memiliki sifat memiliki kandungan karbon yang berguna untuk tanaman, namun gampang lapuk dan berkarat.

  • Kompos

Kebanyakan kompos yang dipakai oleh petani jambu biji adalah berasal dari kotoran hewan. Kotoran hewan dipakai karena dianggap lebih dapat menyuburkan tanaman jambu biji.

Namun, walaupun kotoran hewan, ketika dipakai untuk kompos, usahakan jangan sampai berbau busuk yang ditimbulkan dari kotoran hewan tersebut.

Advertisements
Menanam Jambu Biji di planter bag | Penulis | 4.5