Mengenal Jenis Tanaman Hias Sikas

Mengenal jenis tanaman hias sikas – Apa itu sikas? Sikas merupakan salah satu tanaman hias ynag sedang populer saat ini. Sikas termasuk jenis tanaman hias yang tidadk memiliki bunga sebagai penghiasnya. Namun itu tidak menlunturkan kepopulerannya saat ini.

Sikas memiliki nama latin yaitu Cycas revoluta. Beberapa daerah yang ada di Indonesia menyebut bahwa sikas dengan sebutan pakis haji. Mengapa disebut dengan pakis haji? Hal tersebut dikarenakan bentuk dari sikas yang menddekati seperti pakis padda umumnya. Karena itulah sikas juga disebut sebagai pakis haji.

Advertisements

Jika pakis haji sebutan sikas di beberapa daerah di Indonesia, lain halnya dengan sebuatan sikas di Amerika. Orang amerika menyebut sikas dengan sebutan fem palm. Mengapa disebut sebagai fem palm? Hal tersebut dikarenakan bentuk batang darisikas jampir menyerupai pohon palm. Karena itulah orang Amerika menyebut sikas dengan sebutan fem palm.Mengenal Jenis Tanaman Hias Sikas

Lantas, bagaimana dengan ciri-ciri dari sikas ini? Ciri-ciri ddari sikas adalah mempunyai daun yang datar dan terkesan tersusun rapi. Selain itu, daunnya juga melengkung ke atas dengan sedikit ikal.

Baca Juga: Ciri Dan Jenis Tanaman Hias Plumeria

Tanaman hias Sikas memiliki batang yang besar dan terksan gemuk seperti layaknya batang pohon palm. Memang cocok jika sikas dikategorikan sebagai famili dari palm.

Advertisements

Mengenal Jenis Tanaman Hias Sikas

Sikas memiliki berbagai macam jenis dan bentuk. Berbagai macam jenis dan bentuk inilah yang membuat para penggemarnya semakin leluasa memilih sikas mana yang akan dipiluhnya. Mulai dari sikas biasa hingga sikas yang unik.

Untuk sikas yang unik-unik paling banyak dicari oleh para kolektor. Kolektor mengkoleksi hanya sikas yang unik saja. Karena itulah sikas yang unik-unik kini banyak dicari. Namun, karena keberaaan sikas yang unik tidak sebanyak permintaan, maka sikas yang tampil unik ini termasuk sikas yang langka.

Para penggemar dan kolektor kini berlomba-lomba untuk mendapatkan sikas antik ini karena keberadaannya yang langka. Karena keberadaannya yang lagka tersebut otomatis harganya tidaklah murah. Namun begitu, tidak menyurutkan para kolektor untuk engkoleksi sikas nan antik ini.

Sikas memang cocok diletakkan di teras rumah atau di taman halaman rumah. Apabila sikas ingin diletakkan di teras rumah, maka pakailah sikas yang berukuran kecil hingga sedang. Sikas yang berukuran kecil sangat cocok jika diletakkan pada teras rumah.

Tempat paling cocok untuk tanaman hias sikas

Berbada halnya dengan sikas yang diletakkan pada taman halaman rumah. Sikas yang cocok untuk diletakkan di taman adalah sikas yang berukuran besar yang sudah memiliki batang.

Namun, jika ingin meletakkan sikas yang berukuran kecil atau sedang juga tidak apa-apa. Tetapi yang lebih cocok jika dipakai yang berukuran besar (yang sudah tidak diletakkan di dalam pot).

Ketika meletakan tanaman hias yang satu ini, letakkan pada tempat yang pas dan cocok. Sikas membutuhkan kelembapan yang sedang sampai tinggi.

Baca Juga: Mengenal Tanaman Hias Sansevieria

Sedangkan sinar matahari yang dibutuhkan oleh sikas tergolong banyak. Dan untuk suhu yang dibutuhkan oleh sikas adalah 21-22 deraja Celcius.Demikian sedikit penjelasan tentang Mengenal Jenis Tanaman Hias Sikas semoga bermanfaat..

Advertisements
Mengenal Jenis Tanaman Hias Sikas | Penulis | 4.5