Mengobati Penyakit Pada Tanaman Buah Tomat

Mengobati Penyakit Pada Tanaman Buah Tomat – Hama dan penyakit merupakan hal yang menakutkan bagi para petani. Hama dan penyakit ada berbagai macam bentuk. Bentuk-bentuk hama dan penyakit adalah sebagai berikut:

Penyakit ini merupakan jenis penyakit yang menyerang pada bagian daun dari tanaman. Jenis bakteri yang menyebabkan daun busuk adalah bakteri Phytophthora infestans de bary.

Advertisements

Apakah penyakit daun busuk ini dapat berbahaya? Kalau dibilang berbahaya, penyakit ini tidak terlalu berbahaya. Namun, jika tidak ditangani dengan serius, penyakit ini akan dapat mematikan tanaman.

Oleh karena itu, jika terdapat tanda-tanda penyakit ini, segeralah langsung dimusnahkan. Lantas, apa saja tanda-tanda bahwa tanaman terserang penyakit ini? Tanda-tandanya adalah pada bagian daun muncul bercak berwarna cokelat kehitaman.Mengobati Penyakit Pada Tanaman Buah Tomat

Awalnya bercak ini hanya timbul sedikit saja. Namun lama kelamaan bercak ini akan kemana-kemana dan menjadi banyak sekali.

Mengobati Penyakit Pada Tanaman Buah Tomat

Bagaimana cara mengatasi penyakit daun bucuk ini? Caranya adalah dengan mencabut lalu membakar tanaman yang ada bercaknya.

Baca juga: Merawat Tanaman Tomat Supaya Cepat Berbuah

Apabila tanaman yang terkena penyakit ini mau dimusnahkan dengan cara dikubur, kuburlah tanaman yang sakit jauh dari halaman pertanian. Apabila dikubur dilahan pertanian, itu tidak baik untuk tanaman lainnya yang masih sehat.

Penyakit kuning keriting Pada tomat

Ciri-ciri umum bahwa tanaman terserang penyakit kuning keriting adalah daun menggulug dan menguning. Maka dari itulah penyakit ini dinamakan penyakit kuning keriting karena bentuk daunnya yang menggulung menyerupai rambut yang keriting. Selain itu, tanaman juga menjadi kerdil. Seperti yang tealh disebutkan, penyakit ini lebih menyerang kepada daun tanaman.

Advertisements

Lantas, bagaimana cara mencegah penyakit kuning keriting? Caranya adalah dengan menggunakan benih yang khusus benih bebas penyakit. Selain itu, ketika menyiram tanaman, usahakan menggunakan air yang telah disterilkan terlebih dahulu.

Baca Juga: Tahapan Merawat Tanaman Tomat Budidaya

Tujuannya supaya tidak ada bakteri yang akan menyerang tanaman. Jika itu cara mencegah penyakit kuning keriting, lantas bagaimana cara mengendalikan penyakit jika sudah terlanjur terkena?

Caranya adalah dengan mencabut lalu membakar tanaman yang telah terlanjur terkena penyakit kuning keriting ini. Ketika mencabutnya, usahakan jangan menggunakan alat bantu.

Namun, tangan yang akan mencabut tanaman harus dicuci terlebih dahulu dan setelah mencabut juga harus dicuci supaya tidak ada bakteri yang menempel.

Ulat buah tomat

Penyakit ini akan menyerang padad bagian tomat. Ulat lah yang akan menyerang dan menggerogoti buah tomat. Ulat ini mempunyai panjang hanya 5 cm.

Akibat yang ditimbulkan dari penyerangan ulat ini adalah buah tomat akan mengalami pembusukan akibat infeksi yang ditimbulkan dari si ulat tadi.

Lantas, bagaimana cara mengendalikan ulat buah ini? Caranya adalah siapkan terlebih dahulu perangkat untuk menangkar ulat buah ini. Cara membuat perangkap ini adalah dengan memakai cahaya ultraviolet. Alasan mengunakan cahaya ultraviolet adalah karena ulat sangat menyukai sinar yang dihasilkan dari ultraviolet.

Baca juga: Pengendalian Hama dan Penyakit Buah Tomat

Setelah tertangkap, selanjutnya ulat dapat dibakar bersama dengan telur-telurnya.Demikian sedikit tulisan tentang Mengobati Penyakit Pada Tanaman Buah Tomat semoga berguna…salam..

Advertisements
Mengobati Penyakit Pada Tanaman Buah Tomat | Penulis | 4.5