Merangsang Anggrek Supaya Berbunga Lebat

Merangsang Anggrek Supaya Berbunga Lebat – Merawat tanaman anggrek bukanlah perkara yang mudah. Terutama bagi para penghobis awam. Semuanya akan serba sulit apabila Anda tidak mengenal anggrek secara menyeluruh.

Berbeda halnya jika Anda telah mengenal anggrek secara menyeluruh. Apabila Anda sudah mengenal anggrek secara menyeluruh, maka Anda tidak akan mengalami kesulitan apapun.

Advertisements

Salah satu perawatan anggrek yang terkesan mudah adalah merangsang tanaman anggrek agar dapat berbunga.

Bagi Anda yang sudah lama menjadi penghobis tanaman anggrek, mungkin merangsang anggrek agar dapat berbunga bukanlah perakaran yang sulit untuk dilakukan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara merangsang anggrek agar dapat berbunga.Merangsang Anggrek Supaya Berbunga Lebat

Merangsang Anggrek Supaya Berbunga Lebat

Anggrek yang seperti apa yang mudah untuk dirangsang agar dapat berbunga? Anggrek yang sudah dewasa. Biasanya anggrek yang sudah dewasa tidak akan sulit ketika dirangsang supaya dapat berbunga.

Namun, merangsang anggrek agar dapat berbunga juga ada syarat-syaratnya. Contohnya seperti pengaturan penyiraman, suhu dalam waktu tertentu, cahaya, dan pemupukan.

Dengan mengikuti syarat-syarat tersebut, maka Anda tidak akan kesulitan ketika merangsang anggrek agar dapat berbunga. Setiap jenis anggrek itu berbeda-beda, sama halnya ketika merangsang tanaman agar dapat berbunga. Setiap jenis anggrek berbeda cara merangsang pembungaan.

Salah satu contoh anggrek yang banyak dirangsang pembungaannya adalah anggrek phalaenopsis. Anggrek phalaenopsis dapat dikatakan dewasa apabila anggrek tersebut memiliki kurang lebih lima helai daun.Artikel terkait Menanam bibit anggrek Dalam Botol(Plantlet)

Advertisements

Jika kurang dari lima helai daun, maka anggrek phalaenopsis tidak bisa dirangsang pembungaannya. Berapa lama anggrek phalaenopsis melewati proses pembungaan? Wkatu yang dibutuhkan untuk merangsang proses pembungaannya adalah sekitar 90 hari.

Teknik membungakan Bunga Anggrek

Ada beberapa hal yang berperan penting ketika proses pembungaan berlangsung. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Penyiraman dan pemberian pupuk

Penyiraman dan pemberian pupuk merupakan dua hal yang paling penting dan harus dilakukan ketika proses pembungaan berlangsung. Tanpa adanya penyiraman dan pemberian pupuk, maka yang terjadi adalah anggrek akan kekurangan zat hara dan lama kelamaan akan layu dan mati.

Penyiraman anggrek yang baik dapat dilakukan pada pagi hari dan sore hari. Untuk pemupukan dapat dilakukan paling kurang sekali dalam tiga hari. Dengan penyiraman dan pemupukan yang dilakukan dengan tepat, maka anggrek akan terangsang dan cepat untuk berbunga.simak juga Teknik Pembibitan Anggrek Kompot Pot

  • Pengaturan kelembapan dan intensitas cahaya matahari

Selain penyiraman dan pemberian pupuk, ada hal lain yang juga perlu dilakukan ketika proses perangsangan pembungaan dilakukan. Yaitu pengaturan kelembapan dan intensitas cahaya matahari.

Kebutuhan intensitas cahaya matahari setiap jenis anggrek berbeda-beda. Beberapa contohnya seperti anggrek Cattleya membutuhkan 3.500 fc, anggrek Phalaenopsis membutuhkan 1.500 fc, dan anggrek Dendrobium membutuhkan 4.500 fc.

Selain intensitas cahaya matahari yang perlu diatur, kelembapan juga perlu diatur. Kelembapan sangatlah berpengaruh besar terhadap proses pembungaan. Setiap jenis anggrek berbeda-beda kebutuhan kelembapan udara.

Salah satu contohnya adalah anggrek Phalaenopsis yang membutuhkan kelembapan udara sekitar 55%. Dan anggrek-anggrek lainnya yang kebutuhan kelembapan udaranya harus diatur.demikian cara serta teknik merangsa anggrek supaya berbunga lebat setiap hari,jangan lupa baca juga Perawatan Bunga Anggrek Supaya Berbunga Lebat

Advertisements
Merangsang Anggrek Supaya Berbunga Lebat | Penulis | 4.5