Merangsang Tanaman Anggrek Agar Berbunga

Merangsang Tanaman Anggrek Agar Berbunga – Membuat tanaman anggrek agar dapat berbunga tidak lah sulit. Namun jika membuat tanaman anggrek agar berbunga dengan lebat dan menghasilkan bunga yang bagus dan indah merupakan hal yang sulit.

Lantas, bagaimana cara merangsang agar tanaman anggrek dapat berbunga dengan lebat dan menghasilkan bunga yang bagus dan indah? Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan supaya bunga dapat terangsang dan dapat berbunga. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Advertisements

Faktor suhu udara merupakan salah satu faktor yang dapat merangsang tanaman anggrek dapat berbunga. Perbedaan suhu antara siang dan malam lah yang merangsang tanaman anggrek supaya dapat berbunga dengan lebat.Merangsang Tanaman Anggrek Agar Berbunga

Merangsang Tanaman Anggrek Agar Berbunga

Namun terkadang suhu udara tidaklah selalu stabil. Bagimana cara membuat suhu udara bisa stabil? Caranya adalah dengan membuat greenhouse. Greenhouse tersebut juga harus dilengkapi dengan alat pengatur suhu dan kelembapan udara. Dengan cara seperti inilah kita bisa mengatur suhu dan kelembapan udara supaya tanaman anggrek dapat terangsang dan menghasilkan bunga.

Pada saat siang hari suhu yang dianjurkan adalah 26 derajat celcius. Dan pada saat malam hari suhu yang dianjurkan adalah  16 derajat celcius. Dengan suhu tersebut tanaman anggrek akan lebih cepat terangsang dan berbunga.

Faktor intensitas cahaya matahari

Advertisements

Intensitas cahaya matahari juga merupakan salah satu faktor yang dapat merangsang tanaman anggrek supaya dapat berbunga. Setiap jenis anggrek itu tidak sama kebutuhan akan cahaya matahari. Semuanya tergantung kepada faktor usia dan jenis tanaman anggrek itu sendiri.Simak juga Pengendalian Hama dan Penyakit Anggrek Muda

Untuk anggrek dewasa kebutuhan intensitas cahaya mataharinya adalah sekitar 2.400 fc (Cattleya), 1.500 fc (Phalaenopsis), 4.500 fc (Vanda), 2.900 fc (Dendrobium), dan 1.900 fc (Oncidium). Sedangkan untuk anggrek bibit kebutuhan intensitas cahaya mataharinya adalah sekitar 6.000 fc.

Faktor pemupukan anggrek

Pemberian pupuk perlu dilakukan. Namun, tidak dilakukan setiap hari. Hanya pada saat-saat tertentu saja. Contohnya saja pada saat fase pertumbuhan generatif dimana anggrek telah cukup dewasa. Pupuk yang harus diberikan adalah pupuk majemuk dengan P tinggi. Hal ini dilakukan supaya merangsang tanaman anggrek agar cepat berbunga.

Faktor kelembapan udara 

Selain suhu udara, kelembapan udara juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi terangsangnya tanaman anggrek supaya cepat berbunga. Kelembapan udara yang dibutuhkan oleh tanaman anggrek supaya dapat terangsang dan berbunga dengan baik bisa dikatakan cukup tinggi. Berapakah kelembapa udara yang dibutuhkan oleh tanaman anggrek? Kelembapan udara yang dibutuhkan oleh tanaman anggrek adalah sektiar 70%.

Untuk membuat kelembapan udara supaya tetap tinggi, kita harus membuat greenhouse. Di dalam greenhouse juga perlu diberikan alat pengatur kelembapan  udara. Dengan cara seperti itulah kelembapan udara dapat terjaga dan tetap tinggi.

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi terangsangnya tanaman anggrek supaya dapat cepat berbunga. Jika ingin mendapatkan tanaman anggrek cepat berbunga, maka lakukanlah hal-hal diatas.Demikian semoga berguna.baca Juga Teknik Pemupukan Tanaman Bunga Anggrek

Advertisements
Merangsang Tanaman Anggrek Agar Berbunga | Penulis | 4.5