Merawat Anggrek Harian Supaya Berbunga Lebat

Merawat Anggrek Harian Supaya Berbunga Lebat – Membudidayakan anggrek berarti kita sudah tahu tentang seluk beluk tanaman anggrek. Apa yang akan terjadi jika tidak mengetahui secara keseluruhan tentang seluk beluk tanaman anggrek? Yang  akan terjadi adalah pembudidayaan anggrek akan berjalan dengan tidak baik dan akan menimbulkan kegagalan.

Ketika membudidayakan tanaman anggrek, kita harus tahu semua hal tentang anggrek. Salah satunya adalah dalam hal merawat anggrek. Jika menginginkan tanaman anggrek yang tumbuh dengan baik dan dapat menghasilkan bunga yang bagus, maka perawatan anggrek perlu diperhatikan.

Advertisements

Bagaimana cara merawat tanaman anggrek dengan benar? Cara merawat tanaman anggrek dengan benar caranya adalah sebagai berikut.Merawat Anggrek Harian Supaya Berbunga Lebat

Merawat Anggrek Harian Supaya Berbunga Lebat

  1. Memperhatikan pola pertumbuhan anggrek. Pola pertumbuhan anggrek terbagi atas dua, yaitu pola monopodial dan pola simpodial.
  2. Memperhatikan tempat tumbuh anggrek. Apakah anggrek tersebut merupakan jenis anggrek terestrial, anggrek saprofit, dan anggrek epifit.
  3. Memperhatikan lingkungan tumbuh anggrek. Mulai dari kelembapan, kebutuhan akan intensitas cahaya matahari, dan suhu.
  4. Memperhatikan beberapa hal lainnya seperti pemupukan, pengendalian hama dan penyakit, serta penyiraman.

Itulah beberapa cara merawat tanaman anggrek.

Selain keempat hal di atas, ada beberapa hal lagi yang sangat penting diperhatikan ketika melakukan pembudidayaan anggrek. Salah satunya adalah memperhatikan pembungaan anggrek.

Advertisements

Tak jarang tanaman anggrek berbunga tetapi bunganya tidak dapat bertahan lama. Hal ini juga perlu diperhatikan. Karena disini kita menanam anggrek dengan tujuan untuk menghasilkan bunga yang bagus. Ada beberapa faktor yang menyebabkan bunga menjadi rontok. Beberapa faktor tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.simak juga Media Tumbuh Untuk Budidaya Anggrek

Faktor genetik anggrek

Faktor genetik atau keturunan merupakan salah satu yang menyebabkan bunga menjadi rontok maupun layu. Apakah faktor genetik ini bisa diperbaiki? Ya, bisa. Faktor genetik bisa diperbaiki dengan cara perkawinan silang yang akan menghasilkan bibit baru dan mengurangi jumlah bunga yang rontok.

Faktor alamiah

Faktor alamiah juga merupakan salah satu penyebab bunga menjadi rontok. Sesuai dengan namanya, faktor ini memang terjadi karena alami dan tidak karena hal lainnya. Bunga gugur karena telah lama mekar.

Faktor iklim dan cuaca Perawatan anggrek

Iklim adalah faktor alam yang sulit bahkan tidak bisa dihindari. Apabila kita ingin bunga anggrek tidak rontok begitu saja, maka kita harus meramalkan cuaca. Peramalan cuaca dapat dilihat di media-media. Dengan cara begitulah kita bisa menentukan kapan waktu pemupukan, pengendalian penyakit dan hama, dan penyiraman.

Kita perlu mengingat bahwa pengaruh iklim contohnya seperti angin, hujan, dan suhu dapat mempercepat gugurnya bunga pada tanaman anggrek.

Mengapa angin, hujan, dan suhu dapat mempercepat gugurnya bunga pada tanaman anggrek? Hal tersebut dikarenakan pengaruh iklim (angin, hujan, dan suhu) dapat membuat beberapa hal penting yang harusnya tidak rusak menjadi rusak.

Namun, hal tersebut terjadi jika pengaruh iklimnya terlalu ekstrim. Selagi pengaruh iklim ini tidak merusak hal-hal penting.Baca juga Sabut Kelapa Untuk Tanaman Anggrek

Advertisements
Merawat Anggrek Harian Supaya Berbunga Lebat | Penulis | 4.5