Panduan Lengkap Cara Menanam Brokoli Dirumah

Panduan Lengkap Cara Menanam Brokoli Dirumah – Brokoli merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat dibudidayakan. Sudah banyak para petani yang membudidayakan brokoli ini. Tidak hanya para petani saja yang membudidayakan brokoli, kini masyarakat biasa pun telah membudidayakan brokoli. Mudahnya dalam tahap pembudidayaan membuat brokoli dapat dibudidayakan sendiri.

Bagi Anda yang ingin membudidayakan brokoli ddi rumah, Anda bisa memanfaatkan lahan kosong di rumah Anda untuk membudiayakannya. Dengan memafaatkan lahan kosong di rumah Anda, Anda bisa membudidayakan brokoli dan apabila tadinya Anda tidak memiliki lahan hijau, dengan begitu otomatis Anda akan mempunyai lahan hijau di rumah dan rumah Anda menjadi lebih sejuk.Panduan Lengkap Cara Menanam Brokoli Dirumah

Advertisements

Panduan Lengkap Cara Menanam Brokoli Dirumah

Bagiamana cara membudidayakan brokoli itu? Cara membudidayakan brokoli adalah sebagai berikut.

Syarat tumbuh

Brokoli dapat tumbuh di daerah dataran tinggi. Karena itulah kebanyakan para petani yang membudidayakan brokoli itu berasal dari daerah dataran tinggi. Brokoli tidak cocok dibudidayakan di dataran rendah. Hal ini karena brokoli hanya dapat hidup di tempat yang berhawa sejuk.

Jadi, yang bisa membudiayakan brokoli ini hanya Anda yang bertempat tinggal di daerah dataran tinggi saja.baca juga Teknik Cara Budidaya Jamur Merang Pemula 

Tidak hanya itu, persyaratan tanah yang harus dipenuhi untuk membudidayakan brokoli adalah tanah harus gembur, porus, mengandung banyak humus di dalamnya, dan pH tanah yang disarankan adalah 8.

Advertisements

Untuk mendapatkan hasil yang baik, penanaman dapat dilakukan pada saat musim hujan tiba atau pada saat musim penghujan telah berakhir. Jika Anda ingin membudidayakan brokoli diluar musim yang telah disebutkan tadi, maka Anda harus memelihara brokoli lebih baik lagi agar menghasilkan brokoli yang baik.

Persiapkan benih

Setelah Anda tahu syarat tumbuh dari brokoli, hal selajutnya adalah mempersiapkan benih. Benih brokoli bisa didapatkan di toko penjual benih brokoli terdekat. Benih yang dianjurkan adalah benih yang berkualitas. Lihat lah terlebih dahulu sebelum membeli benih. Jika Anda yakin bahwa benih itu berkualitas baru lah Anda pilih.simak juga Teknik Dan Cara Budidaya Jamur Kayu Pemula

Persiapkan lahan

Lahan yang baik untuk membudidayakan brokoli adalah bekas menanam kubis-kubisan.  Tanah yang seperti itu sangat bagus untuk membudidayakan brokoli. Ukuran tanah atau lahan yang Anda paki tergantung seberapa banyak tanaman brokoli yang akan Anda budidayakan.

Sebelum dipakai, olah lah lahan terlebih dahulu. Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencangkul lahan. Tujuannya adalah supaya tanah menjadi gembur. Setelah itu bentuk bedengan. Dan lahan siap untuk dipakai.

Tahap persemaian

Tahap persemaian dimulai dengan merendam benih terlebih dahulu. Rendam di dalam air hangat selama 60 menit saja. Setelah itu, persiapkan media persemaian berupa campuran pupuk kandang dan tanah. Setelah itu, tebarkan benih pada media persemaian tersebut dan tutp dnegan menggunakan daun pisang. Proses ini dilakukan selama 4 hari.

Sebaiknya media persemaiann ditutup dan bedenagn diberikan atap plastik yang transparan.

Tahap penanaman

Setelah disemai, selanjutnya media dapat ditanam di pot. Setelah umur persemaian mencapai satu minggu, bibit bisa dipindahkan ke dalam pot. Siram setiap hari agar bibit tidak layu.demikian jangan lupa baca juga Cara Budidaya Bayam Di Pekarangan Rumah

Advertisements
Panduan Lengkap Cara Menanam Brokoli Dirumah | Penulis | 4.5