Panduan Menanam Kangkung Cabut Potong

Panduan Menanam Kangkung Cabut Potong – Berbicara mengenai kangkung, siapa ynag tidak mengenal sayuran yang satu ini. Sayuran yang telah lama dikenal oleh bangsa Indonesia, kini telah dikenal oleh masyarakat negara lainnya.

Kangkung mengandung pro-vit A yang cukup baik dan sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Kangkung telah dibudidayakan oleh para petani di Indonesia. Kangkung merupakan sayuran yang dapat hidup di darat dan di air. Semuanya tergantung kepada jenis kangkungnya sendiri.

Advertisements

Bagaimana cara membuat kangkung itu? Cara membuat kangkung adalah sebagai berikut.

Sebelum membudidayakan kangkung, kita perlu mengetahui syarat tumbuh bagi tanaman kangkung. Kangkung bukanlah tanaman yang memerlukan persyaratan khusus untuk bisa tumbuh. Hanya saja kangkung memerlukan air yang cukup untuk melangsungkan hidupnya. Apabila kangkung kekurangan air, maka tanaman kangkung bisa saja mati.Panduan Menanam Kangkung Cabut Potong

Panduan Menanam Kangkung Cabut Potong

Hal ini  menunjukkan bahwa kangkung sangat membutuhkan air untuk melangsungkan hidupnya. kangkung dapat ditanam di daerah dataran rendah maupun dataran tinggi. Waktu penanaman yang pas adalah pada saat musim kemarau untuk kangkung air dan musim penghujan untuk kangkung darat.

Persiapakan benih kangkung

Benih kangkung terbagi atas beberapa jenis varietas. Dari sekian banyak varietas tersebut, yang disarankan untuk dipilih adalah varietas lokal.baca juga Cara Menanam Tanaman Caisim Di Pot

Benih kangkung bisa didapatkan di toko penjualan benih kangkung terdekat. Seberapa banyak benih yang akan kita beli itu tergantung kepada luas lahan yang kita pakai untuk membudidayakan kangkung.

Tahap penanaman

Advertisements

Kangkung dapat ditanam dimana saja. Sebelum menanam kangkung, sesuaikan terlebih dahulu dengan benih yang kita beli. Jika benih kangkung tersebut merupakan benih kangkung darat, maka penanaman bisa dilakukan di daratan. Cara menanam benih kangkung darat adalah sebagai berikut.

  1. Siapkan tanah atau lahan.
  2. Jika tanah belum gembur, gemburkan dengan cara dicangkul dengan menggunakan cangkul.
  3. Setelah itu, buatlah bedengan.
  4. Kemudian berikan pupuk kandang kambing ke bedangan yang telah dibuat.
  5. Buatlah lubang sedalam 20 cm.
  6. Isi lubang-lubang tersebut dengan benih yang telah dipersiapkan.
  7. Dalam satu lubang bisa diisi dengan 8 biji benih.
  8. Tutup kembali.
  9. Dan rawatlah benih dengan benar dan baik.

Pemeliharaan

Tanaman kangkung perlu dirawat dengan baik. Tahap-tahap pemeliharaan kangkung diantaranya seperti penyiraman dan pemberian pupuk.simak juga Cara Menanam Tanaman Sayur Kailan Pot

Penyiraman kangkung harus dilakukan secara rutin. Kangkung sangat membutuhkan air. Terutama kangkung darat. Apalagi pada saat hujan tidak turun selama berhari-hari. Jika keadaannya seperti itu, lakukanlah penyiraman secara rutin setiap dua kali dalam sehari.

Namun, untuk kangkung air tidak perlu dilakukan penyiraman. Melainkan lakukan pemupukan terhadap kangkung air. Dengan cara begitu, tanaman kangkung kita akan tumbuh dengan baik dan dapat dipanen sesuai dengan keinginan kita..

Tahap pemanenan

Setelah kita melakukan segala hal seperti yang telah diatas, tahap selanjutnya adalah memanen kangkung. Kangkung dapat dipanen pada saat sudah berumur 35 hari (untuk perbanyakan secara vegetatif).

Sedangkan jika kita menggunakan perbanyakan dengan menggunakan benih, maka kangkung dapat dipanen pada saat sudah berumur 55 hari.Mungkin hanya ini saja yang bisa saya tuliskan,semoga berguna dan bermanfaat..baca juga Cara Menanam Dan Budidaya Selada Rumahan

Advertisements
Panduan Menanam Kangkung Cabut Potong | Penulis | 4.5