Pasca Panen Melon Pengemasan Dan Penyimpanan

Pasca Panen Melon Pengemasan Dan Penyimpanan – Ketika sudah melakukan kegiatan panen, selanjutnya petani melon akan melakukan kegiatan pascapanen. Apakah kegiatan pascapanen ini perlu dilakukan? Kegiatan pascapanen perlu dilakukan karena menyangkut kualitas buah melon supaya tetap terjaga kualitasnya hingga sampai ke tangan konsumen.

Ketika panen telah selesai dilakukan, lakukan proses pemisahan antara melon yang bagus dan melon yang tidak bagus. Ketika melakukan proses pemisahan antara melon yang bagus dan melon yang tidak bagus dapat dilakukan dengan menggunakan sarung tangan. Tujuannya agar kebersihan melon tetap terjaga hingga ke tangan konsumen.

Advertisements

Melon yang bagus adalah yang ditandai dengan bentuk buah melon tersebut normal, tidak memiliki noda akibat getah, memiliki kulit yang mulus, tidak ada luka memar pada buah, dan tidak memiliki cacat akibat serangan hama maupun penyakit.Pasca Panen Melon Pengemasan Dan Penyimpanan

Ada beberapa kegiatan yang harus dilakukan ketika melakukan kegiatan pascapanen. Apa-apa saja kegiatan yang harus dilakukan tersebut? Kegiatan yang harus dilakukan adalah seperti di bawah ini.

Melakukan Sortasi Buah Melon

Sortasi ini bertujuan untuk mengelompokkan buah melon berdasarkan kelasnya. Tidak semua buah melon yang dipanen tersebut memiliki bentuk dan ukuran yang sama.

Oleh karena itu, sortasi perlu dilakukan untuk mengelompokkan buah melon berdasarkan kelasnya.Baca juga Pencegahan Hama Penyakit Cabai Rawit

Bagaimana cara melakukan sortasi dan pengkelasan buah melon? Caranya adalah seperti di bawah ini.

Advertisements
  • Sebelum disortasi, lakukan pengangin-anginan pada buahmelon hingga suhu mencapai 26 erajat celcius. Pengangin-anginan ini bertujuan supaya air yang berlebih di dalam buah dapat habis menguap.
  • Orang yang melakukan penyortiran sebaiknya menggunakan kain sarung tangan. Tujuannya adalah supaya buah tidak kotor atau bahkan rusak karena tangan yang tidak menggunakan sarung tangan tersebut.
  • Timbanglah buah satu per satu. Setelah ditimbang, pisahkan buah berdasarkan beratnya.
  • Pilihlah buah yang tidak memiliki cacat akibat terserang hama penyakit, mulus, tidak ada kotoran, tidak ada luka akibat memar, tidak ada bintik-bintik hitam, dan tidak ada noda getah.

Teknik Pengemasan buah

Supaya melon tidak mengalami kerusakan pada saat proses pengangkutan dan penyimpanan maka pengemasan buah dapat dilakukan. Kemasan yang akan digunakan sebagai tempat pengemasan harus lah bersih, memiliki kualitas yang baik, serta masih baru. Ketika mengemas buah, kemasan harus bebas dari benda-benda asing.Pasca Panen Melon Pengemasan Dan Penyimpanan

Lain halnya jika melakukan pengemasan untuk transportasi. Pengemasan yang dilakukan ketika ingin dilakukan transportasi dapat dilakukan dengan menggunakan karton yang bergelombang. Karton yang bergelombang ini cocok untuk pengemasan buah untuk transportasi.

Karton tersebut perlu diberi lubang ventilasi sebanyak 4 buah. Lubang ventilasi ini dibuat bertujuan supaya udara masuk ke dalam karton sehingga tidak terlalu tertutup. Pada bagian bawah karton atau kotak perlu diberikan kertas. Tujuannya adalah supaya tidak terjadi kelecetan maupun memar.

Cara menyimpan Buah Melon

Penyimpanan buah melon dapat dilakukan di tempat yang kondisinya kering, bersih, serta bebas dari hama.

Tempat penyimpanan buah harus bagus hingga buah dipasarkan.Mungkin hanya ini saja yang bisa saya tuliskan,Pasca Panen Melon Pengemasan Dan Penyimpanan semoga bisa berguna dan membantu..Baca Juga Cara Budidaya Jamur Kuping Kusus Pemula

Advertisements
Pasca Panen Melon Pengemasan Dan Penyimpanan | Penulis | 4.5