Pemangkasan Jambu Biji Melebatkan Buah

Pemangkasan jambu biji melebatkan buah – Pemangkasan merupakan hal yang lumrah pada setiap tanaman yang sudah mempunyai cabang yang begitu banyak. Tujuan dari pemangkasan sendiri adalah untuk merapikan tanaman tersebut dan juga membuat tanaman tersebut tampak indah dan terkesan tidak berserakan.

Selain itu, tujuan yang paling penting memangkas tanaman jambu biji adalah agar produksi dari tanaman menjadi baik dan tidak tersendat dengan adanya cabang yang begitu banyak.

Advertisements

Pemangkasan termasuk ke dalam pemeliharaan tanaman jambu biji. Bagian mana saja yang perlu dipangkas? Bagian-bagian yang perlu dipangkas diantaranya adalah:Pemangkasan Jambu Biji Melebatkan Buah

  1. Membuang pangkal tanaman yang sudah mulai membusuk. Apabila terdapat pangkal tanaman yang sudah mulai membusuk, maka segeralah dipangkas. Apabila tidak segera dipangkas, maka satu pohon tanaman tersebut akan ikut membusuk.
  2. Oleh karena itu, jangan dibiarkan apabila terdapat pangkal tanaman yang sudah mulai membusuk. Awalnya memang membusuk sedikit, tetapi lama kelamaan akan membusuk keseluruh tanaman tersebut.
  3. Membuang percabangan yang liar. Percabangan yang liar dapat di pangkas. Pemangkasan percabangan yang lair adalah supaya tumbuh percabangan yang baru dan membuat percabangan tampak indah.
  4. Memangkas dedaunan. Untuk apa dedaunan dari tanaman jambu biji dipangkas? Gunanya adalah supaya daun-daun tanaman jambu biji tidak menutupi cahaya matahari yang akan masuk ke dalam pohon dari tanaman jambu biji.
  5. Bayangkan saja, apabila daun-daun jambu biji menutupi tanaman jambu biji, lantas bagaimana cara sinar matahari masuk ke dalam batang dari pohon jambu biji? Sedangkan batang pohon tanaman jambu biji memerlukan sinar matahari agar masuk ke dalam batang.

Jenis pemangkasan jambu biji

Berdasarkan jenisnya, memangkas tanaman jambu biji terdiri atas 2 jenis, diantaranya:

Advertisements
  • Pemangkasan untuk pemeliharaan

Untuk memelihara agar tanaman jambu biji dapat tumbuh dengan baik, maka bisa melakukan pemangkasan. Tujuan dari pemangkasan pemeliharaan adalah supaya tanaman jambu biji yang telah dibentuk pohonnya tetap menjadi seperti yang telah dibentuk sebelumnya. Untuk mempertahankan bentuknya tersebutlah dibutuhkan pemangkasan pemeliharaan.

Selain itu, pemangkasan pemeliharaan juga akan memangkas tunas-tunas yang sudah mulai membusuk. Pengontrolan yang rutin perlu dilakukan supaya tidak ada tunas yang membusuk dan dapat merusak tunas-tunas yang lainnya dan akhirnya merusak pohon dari tanaman jambu biji itu.

  • Pemangkasan bentuk

Jika di atas telah dibahas mengenai mempertahankan tanaman jambu biji agar tetap pada bentuknya yang telah ditetapkan, kini akan dibahas lagi mengenai pemangkasan bentuk. Apa tujuan dari pemangkasan bentuk? Tujuan dari pemangkasan bentuk adalah untuk membentuk tanaman jambu biji supaya bentuknya sesuai dengan keinginan dari petani tanaman jambu biji.

Lantas, bagaimana cara membentuk tanaman jambu biji? Caranya adalah dengan memangkas tanaman yang sudah mempunyai tunas.

Natinya tunas tersebutlah yang akan dipangkas. Namun, tunas yang akan dipangkas bukanlah tunas sembarangan. Melainkan tunas air yang mungkin dapat mengganggu hidup dari tanaman tersebut.

Advertisements
Pemangkasan Jambu Biji Melebatkan Buah | Penulis | 4.5