Pencegahan Hama Penyakit Cabai Rawit

Pencegahan Hama Penyakit Cabai Rawit – Berbicara mengenai tanaman cabai rawit, siapa yang tidak mengenal tanaman yang satu ini. Tanaman yang telah populer dari dulu hingga sekarang ini telah dikenal oleh sebagian orang yang ada di dunia.

Cabai rawit memiliki ciri-ciri fisik seperti bentuknya kecil, lonjong, warna tubuhnya hijau, dan beberapa ciri-ciri lainnya.

Advertisements

Walaupun bentuk tubuhnya kecil, namun tanaman cabai rawit tidak pernah menurun kepopulerannya. Mengapa kepopuleran tanaman cabai rawit tidak pernah merosot? Hal ini dikarenakan tanaman cabai rawit memiliki berbagai macam kegunaan.

Contoh kegunaan tanaman cabai rawit seperti untuk bumbu masakan. Selain itu, tanaman cabai rawit juga bisa digunakan untuk mengobati beberapa penyakit.Pencegahan Hama Penyakit Cabai Rawit

Karena  keunggulannya tersebutlah membuat kepopuleran tanaman cabai rawit tidak pernah pudar. Karena kepopulerannya tersebut, membuat tanaman cabai rawit kini banyak yang membudidayakannya.

Membudidayakan cabai rawit telah banyak dilakukan oleh para petani di Indonesia. Tidak hanya petani di Indonesia saja, petani di luar Indonesia juga telah membudidayaka tanaman cabai rawit.

Pencegahan Hama Penyakit Cabai Rawit

Tujuan para petani membudidayakan tanaman cabai rawit adalah untuk memenuhi kebutuhan pasar. Pasar sangat membutuhkan tanaman cabai rawit.Artikel terkait Cara Menanam Bawang Putih Pot Polybag

Apabila pasar kekurangan tanaman cabai rawit, makaharga cabai rawit akan mengalami kenaikan. Saat ini kebutuhan tanaman cabai rawit di pasar belum bisa terpenuhi secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan banyaknya petani yang mengalami gagal panen.

Membudidayakan tanaman cabai rawit tidaklah mudah. Apabila salah dalam pemeliharaan maka petani akan mengalami gagal panen. Namun, jika pemeliharaan yang dilakukan petani bagus, maka petani tidak akan mengalami gagal panen.

Advertisements

Dalam membudidayakan tanaman cabai rawit memang ada kendala yang akan dihadapi petani. Salah satunya adalah hama dan penyakit.

Hama dan penyakit sering kali menyerang tanaman cabai. Ada banyak penyebab mengapa hama dan penyakit dapat menyerang tanaman cabai rawit. Hama dapat menyerang tanaman cabai rawit karena gulma yang tidak segera dimusnahkan.simak juga Usia Panen Bawang Putih Budidaya

Perlu diketahui bahwa gulma dapat menyebabkan binatang-binatang berdatangan. Binatang tersebut biasanya disebut dengan hama.

Sedangkan penyakit menyerang tanaman cabai rawit karena ketika petani menyiram tanaman cabai rawit, airnya terlalu berlebihan sehingga air menjadi tergenang. Genangan air dapat mengundang datangnya penyakit.Pencegahan Hama Penyakit Cabai Rawit

Sebenarnya datangnya hama dan penyakit itu disebabkan oleh petani itu sendiri. Petani tidak merawat tanaman cabai rawitnya dengan baik. Oleh sebab itu hama dan penyakit datang menyerang tanaman cabai rawit.

Beberapa jenis hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman cabai rawit seperti tungau merah, lalat buah, penyakit antrak, thrips, kutu daun, penyakit busuk buah, bercak daun, dan lain sebagainya.

Hama dan penyakit dapat dicegah dengan cara membersihkan lingkungan sekitar pembudidayaan tanaman cabai rawit sehingga tidak ada gulma lagi. Selain itu, dalam menyiram tanaman cabai rawit tidak boleh berlebihan supaya air tidak tergenang.

Apabila sudah terlanjur menyerang tanaman cabai rawit, maka bisa dimusnahkan dengan cara disemprot dengan menggunakan cairan insektisida. Penggunaan cairan insektisida harus sesuai dengan dosis.demikian dan baca juga Pengendalian Hama Penyakit Pada Buncis

Advertisements
Pencegahan Hama Penyakit Cabai Rawit | Penulis | 4.5