Pengendalian Hama dan Penyakit Anggrek Muda

Pengendalian Hama dan Penyakit Anggrek Muda – Hama dan penyakit merupakan hal yang paling ditakutkan oleh para penggemar tanaman anggrek. Mengapa begitu? Hal ini dikarenakan hama dan penyakit dapat membuat tanaman anggrek menjadi layu bahkan mati.

Jenis-jenis hama yang sering menyerang tanaman anggrek diantaranya seperti ulat, kutu, semut, siput, dan kumbang. Hama tersebut sering dijumpai pada tanaman anggrek tepatnya pada bagian bunga.

Advertisements

Hama tersebut sering dijumpai mengisap bahkan memakan bunga anggrek. Apa yang terjadi jika hama yang telah disebutkan di atas menyerang tanaman anggrek? Yang akan terjadi adalah bunga menjadi layu, robek, atau bahkan rontok sebelum waktunya untuk robek.

Jika di atas telah dibahas mengenai jenis hama yang sering menyerang tanaman anggrek, lantas apa-apa saja jenis penyakit yang sering menyerang tanaman anggrek? Jenis penyakit yang sering menyerang tanaman anggrek bercak bunga.Pengendalian Hama dan Penyakit Anggrek Muda

Penyakit bercak bunga ini sering dijumpai pada bagian bunga tanaman anggrek. Disebabkan oleh apa penyakit bercak bunga tersebut? Penyakit bercak bunga disebabkan oleh Botrytis cinerea.

Pengendalian Hama dan Penyakit Anggrek Muda

Bagaimana cara mengetahui bahwa tanaman anggrek diserang oleh penyakit bercak bunga? Cara mengetahuinya adalah dengan melihat pada bagian bunga anggrek itu sendiri.simak juga Sabut Kelapa Untuk Tanaman Anggrek

Jika anggrek telah terserang penyakit bercak bunga, maka akan muncul bercak cokelat pada bagian kuntum bunga. Penyakit bercak bunga ini akan membuat penampilan bunga menjadi tidak menarik lagi dan bunga menjadi cepat busuk.

Advertisements

Hama dan penyakit memang selalu menyerang tanaman anggrek. Walaupun sudah dicegah, hama dan penyakit tetap saja menyerang tanaman anggrek. Namun apabila sudah dicegah datangnya hama dan juga penyakit, tetapi hama dan penyakit tersebut tetap menyerang anggrek, penyerangan tidak akan berlangsung lama dan tidak sedasyat apabila kita tidak melakukan pencegahan.

Bagaimana cara mencegah datangnya hama dan penyakit pada tanaman anggrek? Cara mencegahnya adalah sebagai berikut.

  • Rawatlah anggrek dengan baik. Salah satu perawatan yang perlu dilakukan adalah penyiraman.
  • Ketika hendak menggunakan suatu benda seperti gunting maupun pisau, maka bisa disterilkan terlebih dahulu. Cara menyeterilkannya adalah dengan alkohol. Penyeterilan dapat dilakuan apabila guntung maupun pisau hendak dipakai untuk penyetekan atau lainnya..
  • Lakukan penyeterilan pada madia tumbuh sebelum dipakai. Cara mensterilkan media tumbuh adalah dengan direndam di dalam larutan pestisida.
  • Tanaman yang masih baru perlu dikarantina. Karantina ini bisa dilakukan kurang lebih dua hingga tiga bulanan.
  • Apabila mendapati tanaman yang sedang sakit, maka segera singkirkan dari tanaman lainnya karena ada sebagian penyakit yang dapat menular.
  • Apabila mendapati sebagian tanaman anggrek saja yang sakit, maka potonglah bagian tanaman anggrek yang sakit tersebut.
  • Pencegahan hama dapat dilakukan dengan menyemprotkan cairan insektisida dengan dosis yang telah ditentukan.
  • Sedangkan pencegahan penyakit dapat dilakukan dengan menyemprotkan cairan fungisida ddan bakterisida dengan dosis yang telah ditentukan.

demikian beberapa hama serta penyakit yang kerap menyerang tanaman anggrek muda serta tata cara pengendalian.semoga berguna dan bermanfaat.baca juga Merawat Anggrek Harian Supaya Berbunga Lebat

Advertisements
Pengendalian Hama dan Penyakit Anggrek Muda | Penulis | 4.5