Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Anggrek

Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Anggrek – Hama dan penyakit merupakan hal yang paling ditakuti oleh para penghobis tanaman anggrek. Mengapa begitu? Pasalnya hama dan penyakit akan menyerang tanaman anggrek kapanpun dan akibatnya sangat fatal.

Akibat yang ditimbulkan jika tanaman anggrek terserang oleh hama dan penyakit adalah beberapa bagian tanaman anggrek akan mengalami kerusakan dan lama kelamaan akan mati.

Advertisements

Bagaimana tanda-tanda jika tanaman anggrek terserang oleh hama dan penyakit? Tanaman anggrek yang terserang hama dan penyakit tanda-tandanya adalah akan terjadi perubahan pada ukuran bunga (ukuran bunga menjadi lebih kecil), warna bunga (warna bunga menjadi tidak seperti biasanya), bentuk bunga (bentuk bunga menjadi tidak seperti biasanya), produksi bunga menjadi lebih sedikit ketimbang anggrek yang sehat, dan terhambatnya pertumbuhan anggrek.Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Anggrek

Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Anggrek

Apabila tanaman anggrek belum diserang oleh hama dan penyakit, bagaimana cara mencegah hama dan penyakit tersebut supaya tidak menyerang tanaman anggrek serta tanaman anggrek tetap sehat? Cara mencegah hama dan penyakit agar tidak menyerang tanaman anggrek adalah dengan penyemprotan pestisida yang dilakukan tujuh atau empat belas kali dalam seminggu.Baca juga Penyiraman Pada Jenis Tanaman Anggrek

Namun bagaimana jika tanaman anggrek telah terlanjur terserang hama dan penyakit? Jika sudah terserang hama dan penyakit, lakukanlah hal berikut ini.

Advertisements
  • Mengidentifikasi jenis hama dan penyakit.
  • Mendeteksi gejala sejak dini.
  • Mengaplikasikan pestisida dengan tepat dan benar.
  • Harus bisa membedakan gejala sakit tanaman anggrek dikarenakan stres atau sakit dikarenakan patogen.

Ketika menggunakan pestisida untuk membasmi hama maupun penyakit, gunakanlah pestisida sebaik mungkin dan dengan dosis yang telah tercantum pada kemasan pestisida tersebut.

Lantas, berapa jenis pestisida yang diperlukan untuk merawat tanaman anggrek? Pestisida yang digunakan untuk merawat anggrek sangatlah banyak. Jenis pestisida yang diperlukan untuk merawat tanaman anggrek diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Fungisida

Fungisida merupakan salah satu jenis pestisida yang digunakan untuk merawat anggrek. Berperan sebagai apakah fungisida pada perawatan tanaman anggrek? Fungisida  berperan sebagai pemberantasan cendawan atau yang sering disebut sebagai jamur.

Selain itu, fungisida juga berperan alam pengendalian cendawan atau jamur. Apa-apa saja contoh fungisida ini? Contohnya adalah Dithane, Benlate, Orthocide, dan Delsene.

  • Insektisida

Apa fungsi dari insektisida bagi tanaman anggrek? Fungsi insektisida bagi tanaman anggrek adalah untuk mengendalikan maupun memberantas hama seperti serangga. Insektisida bisa digunakan tujuh hari sekali atau sesuai dengan dosis yang telah tertera pada kemasan. Contoh insektisida adalah Basudin, Azodrin, Orthane, Supracide, Tamaron, dan Bayrusil.

  • Bakterisida

Jika tanaman anggrek penuh dengan bakteri, maka bisa diberantas dengan menggunakan bakterisida. Bakterisida memang berfungsi sebagai pengendalian maupun pemberantasan bakteri. Bakterisida dapat digunakan seminggu sekali atau sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan.

Contoh bakterisida adalah Dimanin, Agrept, Physan, dan Bubur Bordeaux. Konsentrasi yang dianjurkan ketika menggunakan pestisida jenis ini adalah 0,1%.demikian dan jangan lupa baca juga Teknik Repotting Pada Anggrek Simpodial

Advertisements
Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Anggrek | Penulis | 4.5