Perawatan Harian Untuk Bibit Tomat Unggul

Perawatan Harian Untuk Bibit tomat Unggul – Perawatan saat pembenihan berlangsung perlu dilakukan. Perlakukan yang baik saat dipembenihan akan membuat benih tumbuh dengan baik pula.

Hal yang paling utama merawat saat pembenihan adalah menjaga kelembapan media penyemaian benih. Kelembapan media penyemaian benih harus selalu dijaga dengan baik.

Advertisements

Apabila media penyemaian benih terlalu lembap atau kelembapannya kurang, maka media penyemaian benih bisa saja menjadi layu atau yang lebih parah lagi benih menjadi mati.

Lantas, bagaimana cara agar media penyemaian tetap terjaga kelembapannya? Caranya adalah dengan melakukan penyiraman air pada media penyemaian.Perawatan Harian Untuk Bibit Tomat Unggul

Proses penyiraman bisa dilakukan secara rutin. Setelah proses penyiraman dilakukan, sebaiknya media ditutup dengan mengguanakan kain atau sejenisnya. Kain yang digunakan untuk menutup media harus memenuhi syarat.

Perawatan Harian Untuk Bibit Tomat Unggul

Syaratnya yaitu kain harus dijaga kelembapannya secara rutin. Setiap kali media hendak disiram, sebaiknya kain dibuka terlebih dahulu.

Apa tujuan pemberian kain pada media penyemaian? Tujuannya adalah supaya media penyemaian dapat terjaga kelembapannya. Hanya dengan cara inilah kelembapan media penyemaia tetap bisa terjaga.

Pada saat benih sudah tumbuh menjadi kecambah, kain dapat dilepaskan dari media penyemaian. Biasanya, benih akan mulai berkecambah pada hari ke lima setelah benih ditanam.

Advertisements

Penyapihan benih Tomat berkualitas

Apa yang dimaksud dengan penyapihan benih? Maksud dari penyapihan benih adalah pemindahan benih dari tempat yang semula ke tempat yang lebih besar. Pemindahan dilakukan dikarenakan tempat semula benih sudah tidak muat lagi untuk menampung benih yang lama-kelamaan tumbuh membesar.

Biasanya penyapihan dilakukan pada saat benih  berusia 14 hari. Proses penyapihan ini merupakan tahap dimana benih sebelum dipindahkan ke dalam pot pembesaran.

Media yang digunakan untuk penyapihan benih adalah polibag. Polibag yang digunakan adalah yang berukuran 18 cm. Selain polibag, media tanam juga perlu dipersiapkan.

Media tanam yang perlu dipersiapkan adalah tanah, pasir, dan pupuk kandang. Ketiga media tersebut kemudian dicampur menjadi satu dengan perbandingan satu banding satu.

Setelah itu, media tanam yang telah dicampur tersebut dimasukkan ke dalam polibag hingga dua pertiga dari isi polibag. Benih yang baik untuk disapih adalah yang kelihatan sehat.

Umur Pemindahan benih tomat

Cara memindahkan benih dari tempat semula ke tempat yang baru adalah dengan mengambil salah satu benih yang sehat dari tempat semula. Cara mengambilnya dengan menggunakan alat bantu seperti solet. Benih harus diambil hingga ke akar tungganggnya.

Jika tidak begitu maka benih layu bahkan mati karena tidak disertai akan akar . Setelah itu barulah benih tersebut dipindahkan ke tempat yang baru dengan cara gali terlebih dahulu media tanam pada bagian tengahnya. Setelah itu barulah masukkan benih yang telah diambil dari tempat yang sebelumnya.

Beda halnya jika menyapih benih dengan menggunakan media khusus seperti rockwool. Cara menyapih benih apabila menggunakan media khusus adalah dengan mengangkat benih beserta dengan media tanamnya. Setelah itu barulah benih dipindahkan ke dalam polibag.

Mungkin hanya ini yang bisa saya tuliskan tentang Perawatan Harian Untuk Bibit Tomat Unggul semoga bermanfaat dan berguna..

Advertisements
Perawatan Harian Untuk Bibit Tomat Unggul | Penulis | 4.5