Pot Paling Bagus Untuk Menanam Anggrek

Pot Paling Bagus Untuk Menanam Anggrek – Anggrek kini telah dikenal oleh masyarakat dunia. Karena keindahan bunganya dan keindahan bentuk daunnya membuat anggrek semakin dikenal oleh masyarakat dunia.

Tidak heran jika banyak orang yang menanam anggrek karena memang anggrek telah dikenal. Pembudidayaan anggrek tidak hanya dilakukan oleh orang-orang tertentu saja. Kini semua orang bisa membudidayakan anggrek.

Advertisements

Membudidayakan anggrek bukanlah hal yang sulit. Namun, kita harus mengetahui teknik-teknik penanaman anggrek dengan benar. Ada du jenis anggrek yang bisa dibudidayakan, yaitu anggrek terestrial dan epifit. Dan ada satu tipe anggrek yang ditanam, yaitu anggrek monopodial.Pot Paling Bagus Untuk Menanam Anggrek

Pot Paling Bagus Untuk Menanam Anggrek

Sebelum memulai pembudidayaan anggrek, persiapkan terlebih dahulu beberapa hal dan salah satunya adalah pot. Pot yang seperti apa yang bisa digunakan untuk pembudidayaan anggrek? Apakah jenis pot plastik dan jenis pot tanah liat bisa digunakan untuk pembudidayaan anggrek? Kedua jenis pot tersebut dapat digunakan untuk pembudidayaan anggrek.simak juga Teknik Kultur Jaringan Pada Tanaman Anggrek

Namun kedua jenis pot tersebut memiliki kelebihan maupun kekurangannya. Kelebihan dan kekurangan dari pot plastik dan pot tanah liat adalah sebagai berikut.

Kelebihan pot plastik

Kelebihan pot plastik diantaranya adalah sebagai berikut.

Advertisements
  1. Pot plastik ini cenderung lebih bersih karena tidak pernah ditumbuhi oleh cendawan.
  2. Akar aktif tidak mudah rusak apabila melakukan repotting.
  3. Dapat digunakan di daerah yang berkelembapan tinggi.

Kekurangan pot plastik

Kekurangan pot plastik diantaranya adalah sebagai berikut.Baca juga Kualitas Bibit Anggrek Hasil kultur Jaringan

  1. Sistem drainasenya tidak baik sehingga penyerapan air tidak berjalan dengan baik.
  2. Media lebih cepat kering karena kondisi di dalam pot cenderung lebih panas.

Kelebihan pot tanah liat

Kelebihan pot tanah liat diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Sistem drainase pot tanah liat ini sangat lah baik sehingga penyerapan air dapat berlangsung dengan baik.
  2. Pertumbuhan tanaman anggrek tetap terjaga karena kelembapan pot juga tetap terjaga.

Kekurangan pot tanah liat

Kekurangan pot tanah liat diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Perakaran aktif akan mudah sekali rusak saat melakukan proses penggatian pot baru. Mengapa begitu? Penyebabnya adalah karena akar aktif cenderung menempel pada pot sehingga ketika terjadi proses penggantian pot baru, akar aktif akan mudah sekali rusk akan pencabutan akar yang sangat sulit.
  2. Pot tanah liat lebih mudah ditumbuhi oleh cendawan. Sehingga penampilannya menjadi tidadk bagus. Pot tanah liat ini tidak cocok jika digunakan sebagai pot hias.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari pot plastik dan tanah liat.

Tidak semua jenis tanaman anggrek yang menggunakan media pot sebagai tempat pertumbuhan. Ada juga jenis tanaman anggrek yang hidup menempel pada tanaman lain tanpa harus merugikan tanaman tersebut.Baca Juga Pahami penggunaan Media Tanam Anggrek

Advertisements
Pot Paling Bagus Untuk Menanam Anggrek | Penulis | 4.5