Pot Paling Tepat Untuk Menanam Tomat

Pot paling tepat untuk menanam tomat – Ketika hendak membudidayakan tomat, maka bahan utama yang perlu dipersiapkan adalah pot dan media tanam. Kedua bahan tersebut harus ada, hal tersebut dikarenakan kedua bahan tersebut merupakan bahan yang paling utama dan tanpa adanya kedua bahan tersebut, budidaya tomat tidak bisa dilakukan.

Selain benih, media tanam dan pot juga akan mempengaruhi subur atau tidaknya tanaman tomat kedepannya.

Selain itu, media tanam dan pot juga sebagai tempat bertumbuhnya tanaman tomat sehingga dapat menghasilkan tomat yang kita inginkan.Pot Paling Tepat Untuk Menanam Tomat

Advertisements

Pot Paling Tepat Untuk Menanam Tomat

Dari semua jenis pot yang ada, hampir dari keseluruhannya dapat dipakai untuk menanam tomat. Namun, untuk memilih pot yang baik, sebaiknya harus memenuhi beberapa syarat. Contohnya seperti pot yang baik adalah yang harganya tergolong murah.

Dari sekian banyak pot yang dapat dipakai untuk menanam tomat, disini kita hanya akan membahas beberapa pot saja. Beberapa pot tersebut diantaranya adalah:

  • Jenis pot tanah liat

Setiap pot pasti ada kelebihan dan kekurangannya. begitu pula dengan pot tanah liat yang juga mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Baca juga: Cara Pembibitan Tanaman Tomat Pot

Kelebihan dari pot tanah liat adalah harganya yang murah dan mudahnya proses sirkulasi udara tanaman. Harganya yang murah membuat sebagian orang lebih memilih pot tanah liat.

Sedangkan kekurangannya adalah pot tanah liat sulit untuk dibersihkan apabila terkena kotoran. Pot yang indah akan membawa suasana yang semarak. Sedangkan apabila pot yang kita pakai kotor, lantas bagaimana kita akan membuat lingkungan sekitar kita menjadi semarak.

Advertisements
  • Jenis pot plastik

Dari semua jenis pot, pot plastik inilah yang sering digunakan para petani tomat. Kelebihan dari pot plastik adalah tahan terhadap air dan beban dari pot plastik jauh lebih ringan dari pot-pot lainnya.

Selain itu, harga dari pot plastik juga tergolong murah. Untuk petani tomat bermodal kecil, pilihan pot plastik ini bisa dipakai.

Baca juga: Ciri Bibit Tomat Bagus Buah lebat Untuk Pot

Sedangkan kekurangannya adalah pot plastik tidak tahan lama. Pot plastik yang tidak tahan lama terhadap cuaca membuat petani menjadi waspada apabila sewaktu-waktu pot plastik pecah dan menggantinya dengan yang baru.

  • Jenis pot kayu

Bagi para petani yang bermodal kecil, pot kayu bisa menjai alternatifnya. Pot kayu terbuat dari kayu bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Tidak memerlukan biaya yang mahal untuk membuat pot ini. Cukup dengan menggunakan kayu bekas saja, pot sudah bisa dipakai.

Pot kayu juga baik untuk tanaman tomat karena mampu membuat dreinase yang relatif tinggi. Namun, pot kayu tidak tahan lagi sebab cepat dimakan rayap.

  • Jenis pot keramik

Pot keramik bisa menjadi pilihan untuk Anda yang bukan seorang petani tomat tetapi ingin membudidayakan tomat dengan tujuan untuk memperindah ruangan. Pot keramik memang cocok untuk memperindah tanaman.

Baca Juga: Cara Mudah Semai Biji Tomat Dalam Polybag

Ditambah lagi bentuk dari pot keramik yang begitu bervariasi. Kekurangan dari pot keramik adalah harganya yang mahal dan bobotnya yang berat.Demikian tulisan malam ini yang bisa saya sampaikan tentang Pot Paling Tepat Untuk Menanam Tomat semoga bermanfaat dan berguna..

Advertisements
Pot Paling Tepat Untuk Menanam Tomat | Penulis | 4.5