Ragam jenis Dan Ciri Anggrek Phalaenopsis

Ragam jenis Dan Ciri Anggrek Phalaenopsis – Phalaenopsis kini sudah memiliki begitu banyak jenisnya. Mulai dari phalaenopsis biasa hingga phalaenopsis hibrida. Jika dihitung, sudah ada ratusan jenis phalaenopsis.

Di Indonesia sendiri, jenis phalaenopsis sudah mencapai 35 jenis. Namun disini kita hanya akan membahas beberapa saja dari begitu banyak jenis phalaenopsis. Untuk mengetahuinya, mari kita simak penjelasan di bawah ini:Ragam jenis Dan Ciri Anggrek Phalaenopsis

Advertisements

Ragam jenis Dan Ciri Anggrek Phalaenopsis

Phalaenopsis modesta merupakan salah satu jenis anggrek epifit. Anggrek epifit artinya anggrek yang memiliki beberap ciri khusus, salah satunya adalah memiliki batang yang pendek serta daunnya yang panjang sehingga tidak terlihat batangnya karena tertutup oleh daunnya.

Phalaenopsis modesta memiliki beberapa helai kuntum bunga saja, yaitu sekitar 6 kuntum dalam satu bunga. Walaupun hanya sedikit, namun tetap saja anggrek ini tetap indah dimata para penggemarnya.

Lantas, dari mana anggrek ini berasa? Asal dari anggrek ini adalah dari Indonesia tepatnya di Pulau Kalimantan. Di Kalimantan itulah tanaman ini pertama kali ditemukan.

Phalaenopsis maculata

Seperti layaknya phalaenopsis modesta, phalaenopsis maculata juga termasuk anggrek epifit. Akarnya yang banyak serta batangnya yang pendek dan daunnya yang panjang semakin menguatkan bahwa phalaenopsis maculata termasuk anggrek epifit.

Anggrek ini memiliki daun dengan bentuknya yang bulat serta panjang. Daunnya tiak banyak seperti anggrek pada umumnya. Hanya ada 4 helai dalam satu tanaman phalaenopsis maculata. Berbeda dengan daunnya yang memiliki beberapa helai saja, bunga anggrek ini berjumlah sedikit. Hanya ada 8 buah kuntum dalam satu bunga.

Advertisements

Phalaenopsis maculata sudah menyebar di Malaysia dan Indonesia (Kalimantan). Namun, anggrek ini berasal dari Pulau Kalimantan. Setelah itu barulah menyebar kebeberapa negara yang ada di dunia.

Phalaenopsis corningiana

Layaknya phalaenopsis maculata, phalaenopsis corninngiana juga menyebar di negara Malaysia dan Indonesia (tepatnya di Pulau Kalimantan). Phalaenopsis cornningiana juga termasuk anggrek epifit, yang memiliki akar yang banyak dan batangnya yang pendek serta daunnya yang panjang.

Ciri-ciri yang dimiliki oleh phalaenopsis corningiana adalah memiliki bunga yang berbentuk seperti bintang dengan satu buah bunga terdiri atas 8 kuntum. Termasuk bunga yang lebat dan kompak. Bentuk daunnya yang seperti bintang ini sangatlah menarik. Apalagi ditambah dengan kombinasi warna bunganya yang bisa dikatakan sangat pas dan cocok.

Kombinasi warna bunganya seperti warna putih, hijau pucat, dan cokelat. Walaupun hanya memiliki kombinasi warna yang sedikit, tidak memudarkan sedikitpun keindahan dari phalaenopsis corningiana ini. Tidak hanya itu, bunganya juga memiliki corak yang sangat beragam sehingga menambah indahnya tanaman phalaenopsis corningiana ini.

Baca Juga: Ciri Fisik Tanaman Hias Aglaonema

Sedangkan untuk daunnya sendiri, anggrek ini memiliki bentuk daun yang panjang dan berbentuk lonjong. Bentuk daunnya yang lonjong yang membuat anggrek menutupi batang dari anggrek ini.

Untuk warna daunnya sendiri, anggrek ini memiliki warna daun seperti layaknya phalaenopsis lainnya yaitu berwarna hijau.demikian sedikit penjelasan tentang Ragam jenis Dan Ciri Anggrek Phalaenopsis semoga berguna dan bermanfaat..salam..

Advertisements
Ragam jenis Dan Ciri Anggrek Phalaenopsis | Penulis | 4.5