Sabut Kelapa Untuk Tanaman Anggrek

Sabut Kelapa Untuk Tanaman Anggrek – Menanam tanaman anggrek memerlukan beberapa hal penting. Salah satunya adalah media tumbuh. Media tumbuh merupakan media yang digunakan sebagai tempat tanaman anggrek tumbuh.

Tidak semua jenis tanaman anggrek sama media tumbuhnya. Selain itu, kini media tumbuh telah memiliki bermacam-macam jenisnya. Contoh media tumbuh yang sering dipakai untuk membudidayakan anggrek adalah serutan kayu, moss, sabut kelapa dan lain sebagainya.

Advertisements

Salah satu media tumbuh untuk membudidayakan anggrek adalah sabut kelapa. Sabut kelapa kini telah dipakai oleh banyak orang sebagai media tumbuh untuk membudidayakan tanaman anggrek.

Namun, tidak semua jenis tanaman anggrek bisa menggunakan media tumbuh sabut kelapa ini. Hanya jenis anggrek terestrial saja yang menggunakan media tumbuh berapa sabut kelapa.Sabut Kelapa Untuk Tanaman Anggrek

Sabut Kelapa Untuk Tanaman Anggrek

Lantas, bagaimana cara mencari atau memilih sabut kelapa yang baik untuk media tumbuh bagi tanaman anggrek? Cara mencari atau memilih sabut kelapa yang baik untuk media tumbuh bagi tanaman anggrek adalah sebagai berikut.

  • Pilihlah sabut kelapa yang memang sudah tua.
  • Sabut kelapa yang sudah tua sangat cocok jika digunakan untuk media tumbuh untuk membudidayakan tanaman anggrek.
  • Sabut kelapa yang masih muda tidak cocok digunakan untuk media tumbuh. Mengapa begitu? Karena, sabut kelapa yang masih muda sangat cepat lapuk dan juga hancur. Pelapukan tersebut diakibatkan oleh penguraian.

Itulah beberapa cara memilih sabut kelapa yang baik jika digunakan untuk pembudidayaan tanaman anggrek.Baca juga Teknik Memindahkan Anggrek Ke Pot

Advertisements

Media tumbuh seperti sabut kelapa ini tidak bisa digunakan untuk daerah yang berkelembapan tinggi. Mengapa begitu? Sebab, nantinya media tumbuh sabut kelapa tersebut akan mudah ditumbuhi oleh jamur dan cendawan. Apa penyebab media tumbuh sabut kelapa mudah ditumbuhi jamur dan cendawan? Hal ini dikarenakan media tumbuh sabut kelapa mudah menyimpan air dan mempunyai daya ikat air yang baik.

Media tumbuh sabut kelapa juga mempunyai unsur hara yang banyak sangat dibutuhkan oleh tanaman anggrek. Jika media tumbuh sabut kelapa ini digunakan untuk pembudidayaan anggrek dan diletakkan di daerah yang berkelembapan tinggi, yang terjadi adalah media tumbuh sabut kelapa akan ditumbuhi oleh jamur dan cendawan.

Menggunakan media tumbuh haruslah melihat cocok atau tidaknya media tumbuh tersebut jika digunakan untuk menanam tanaman anggrek. Antara media tumbuh untuk bibit dengan media tumbuh untuk tanaman dewasa itu berbeda-beda.

Apa yang membedakan antara media tumbuh untuk bibit dengan media tumbuh untuk tanaman anggrek dewasa? Yang membedakannya adalah ukuran dan potongannya berbeda. Bibit tanaman anggrek biasanya menggunakan ukuran media tumbuh yang lebih halus.

Contohnya seperti cacahan pakis halus, moss, dan serat sabut kelapa. Sedangkan tanaman anggrek dewasa biasanya menggunakan ukuran media tumbuh yang lebih kasar.

Dengan begitu dapat dibedakan antara media tumbuh bagi bibit dan media tumbuh bagi tanaman dewasa.demikian semoga bisa membantu.baca juga Media Tumbuh Untuk Budidaya Anggrek

Advertisements
Sabut Kelapa Untuk Tanaman Anggrek | Penulis | 4.5