Sejarah Jambu Biji Merah Di Indonesia

Sejarah jambu biji merah di indonesia – Berbicara mengenai Jambu biji, siapa yang tidak mengenal dengan buah yang satu itu? Pasti semua orang mengetahuinya. Buah yang di dalamnya terdapat biji berwarna merah tersebut merupakan salah satu buah yang sudah terkenal diseluruh dunia termasuk Indonesia. namun, tahukah Anda darimana jambu biji berasal?

Jambu biji merupakan buah asli yang berasal dari Amerika. Jambu biji ini telah dikenal sejak beratus-ratus tahun yang lalu. Pada zaman dahulu, orang-orang amerika mengirimkan jambu biji ke benua-benua lain yang ada di dunia.

Advertisements

Hal itulah yang membuat saat ini jambu biji sudah mudah didapatkan di benua mana saja dan juga namanya sudah tidak asing lagi.Sejarah Jambu Biji Merah Di Indonesia

Kini, jambu biji sudah banyak ditemukan karena sudah dibudidayakan. Membudidayakan jambu biji tidak bisa disembarangan negara. Buah ini hanya akan tumbuh di negara-negara beriklim tropis dan subtropis, seperti Indonesia.

Negara penghasil jambu Biji

Pada negara yang beriklim dingin, jambu biji tidak akan tumbuh karena memang jambu biji tidak bisa hidup di negara yang beriklim dingin.

Advertisements

Di Indonesia sendiri, jambu biji telah ada sejak beratus-ratus tahun yang lalu. Dari dulu hingga sekarang jambu biji tetap menjadi kesukaan bagi sebagian besar orang yang ada di Indonesia. Penyebaran jambu biji sudah hampir diseluruh pulau di Indonesia.

Diantaranya adalah Pulau Sumatera, Pulau Jawa, dan Pulau Kalimantan. Hanya Pulau Bali dan Pulau Sulawesi saja lah yang tidak termasuk ke dalam penyebaran jambu biji.

Jambu biji merupakan buah yang memiliki segudang vitamin. Banyak orang yang menyukai jambu biji karena manfaatnya yang begitu banyak. Tidak jarang orang menanam jambu biji sendiri karena kecintaannya terhadap jambu biji.

jenis-jenis jambu Biji merah

Jambu biji memiliki berbagai macam jenis. Salah satunya adalah jenis jambu biji merah. Jambu biji merah yaitu jambu biji yang isi dalamnya berwarna merah dan kulit luarnya sama seperti jambu biji pada umumnya yaitu berwarna hijau. Mungkin dari seluruh jenis jambu biji yang ada, jambu biji merah inilah yang paling disukai oleh semua kalangan.

Mungkin tidak sedikit petani di Indonesia yang membudidayakan jambu biji. Penanaman yang mudah, tumbuhnya yang mudah, perbanyakan yang mudah, dan panennya yang juga mudah. Mungkin dibeberapa negara, membudidayakan jambu biji menjadi pekerjaan dari petani.

Di Benua Asia, penghasil utama jambu biji terdapat di negara Taiwan, Filipina, Indonesia, dan Cina. Keempat negara tersebut telah menghasilkan jambu biji yang begitu banyak serta kualitasnya yang bisa dibilang baik.

Sedangkan di negara-negara lain yang juga penghasil jambu biji seperti di Amerika dan Afrika, panen yang dihasilkan tidak begitu banyak seperti pada keempat negara yang telah disebutkan di atas (Taiwan, Filipina, Indonesia, dan Cina).

Di antara Taiwan, Filipina, Indonesia, dan Cina, negara Taiwanlah yang menjadi penghasil utama jambu biji. Jenis jambu biji aygn dihasilkan adalah jambu biji yang berdaging putih.

Advertisements
Sejarah Jambu Biji Merah Di Indonesia | Penulis | 4.5