Setek Pucuk Dan Kultur Jaringan Philo Eceng

Setek Pucuk Dan Kultur Jaringan Philo Eceng – Setek pucuk dan kultur jaringan merupakan salah satu cara untuk memperbanyak tanaman philo eceng dengan menggunakan metode vegetatif. Metode vegetatif memang banyak digunakan oleh sebagian orang karena dinilai lebih efektif. Sebenarnya tidak hanya setek pucuk dan kultur jaringan saja yang termasuk ke dalam metode vegetatif.

Masih banyak lagi cara yang bisa dilakukan untuk memperbanyak tanaman philo eceng dengan menggunakan metode vegetatif. Namun, pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas mengenai setek pucuk dan kultur jaringan saja.Setek Pucuk Dan Kultur Jaringan Philo Eceng

Advertisements

Dari kebanyakan cara yang ada dalam metode vegetatif, mungkin setek pucuk ini yang paling banyak digunakan oleh para penghobis. Setek pucuk dianggap lebih efektif dan lebih mudah dilakukan untuk memperbanyak tanaman philo eceng  .

Setek Pucuk Dan Kultur Jaringan Philo Eceng

Setek pucuk hanya dapat dilakukan pada tanaman philo eceng yang sudah memiliki daun yang sangat banyak atau daun yang rimbun.

Tanaman philo eceng yang bisa dilakukan setek pucuk adalah yang mempunyai aun sebanyak 13 helai. Biasanya daun yang mempunyai 13 helai tersebut merupakan tanaman philo eceng ynag berumur dua tahun lebih.

Baca Juga: Cara Pembibitan Tanaman Hias Philo Eceng

Walaupun setek pucuk banyak dipakai oleh sebagian orang, namun bukan berarti setek pucuk tidak memiliki kekurangannya. Kekurangan yang terdapat pada setek pucuk adalah apabila akar tidak terbawa, maka metode ini akan gagal.

Advertisements

Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan tanaman akan kekurangan asupan hara. Sedangkan asupan hara sangat dibutuhkan oleh semua tanaman termasuk tanaman philo eceng.

Selain itu, kegagalan dapat terjadi apabila alat yang digunakan untuk memotong batang tanaman philo eceng tidak steril. Ketidak sterilan alat dapat membuat bekas potongan batang tanaman menjadi infeksi. Infeksi sangat berbahaya bagi tanaman philo eceng bahkan dapat mengakibatkan kegagalan.

Oleh karena itu, untuk membuat tanaman philo eceng tidak gagal ketika sedang dilakukan setek pucuk, maka alat atau media yang digunakan untuk memotong tanaman philo eceng tetap terjaga dan tetap steril. Hal ini dilakukan supaya metode setek pucuk dapat berhasil dan tidak mengalami kegagalan.

Kultur jaringan

Kultur jaringan merupakan salah satu cara memperbanyak philo eceng dengan menggunakan metode vegetatif. Di Indonesia sendiri, kultur jaringan belum ada yang menerapkannya. Namun, di negara lain sudah ada yang menerapkan metoe kultur jaringan ini.

Keuntungan yang didapatkan dari metode kultur jaringan sangat banyak sekali. Salah satu keuntungannya adalah dapat menghasilkan tanaman philo eceng yang baru hingga beratus-ratus dalam waktu yang singkat.

Namun begitu, kultur jaringan juga memiliki kelemahan. Kelemahannya yaitu untuk melakukan proses kultur jaringan, diperlukan biaya yang sangat mahal. Hal ini dikarenakan pelaksanaan kultur jaringan dilakukan di laboraturium.

Baca Juga: 2 Cara Pembibitan Tanaman Hias Philo Eceng

Dan diperlukan tenaga ahli khusus untuk melaksanakan proses kultur jaringan ini. Biasanya yang melakukan metode kultur jaringan adalah perusahaan-perusahaan besar yang mempunyai modal yang sangat besar.sekian Setek Pucuk Dan Kultur Jaringan Philo Eceng …salam..

Advertisements
Setek Pucuk Dan Kultur Jaringan Philo Eceng | Penulis | 4.5