Step By Step Menanam Bibit Cabai

 

Step By Step menanam Bibit Cabai – Sebelum melakukan pembudidayaan tanaman cabai, sebaiknya sediakan lahan terlebih dahulu. Lahan yang disediakan harus disesuaikan dengan musim saat pembudidayaan cabai berlangsung.

Saat ini kita hanya akan membahas mengenai penyedian lahan pada musim penghujan saja. Sebaiknya pilihlah lahan yang ber pH yang stabil. Jangan memilih lahan yang ber pH rendah.

Sebaiknya lahan dibuat bedengan terlebih dahulu. Bedengan bisa dibuat sebanyak yang petani cabai mau. Biasanya, bedengan yang dibuat petani cabai berukuran tinggi 60 cm dan lebar nya 130 cm.

Advertisements

Berikan jarak antara bedengan satu dengan bedengan lainnya. Jarak yang dianjurkan adalah antara bedengan satu dengan bedengan lainnya adalah 60 cm.Step By Step Menanam Bibit Cabai

Sebelum lahan atau bedengan digunakan, sebaiknya bedengan terlebih dahulu dibersihkan. Apabila rerumputan masih ada di bedengan atau di lahan tempat pembudidayaan, maka bisa dibersihkan dengan cara dicangkul.

Step By Step menanam Bibit Cabai

Sebelum musim penghujan tiba, biasanya para petani cabai mempersiapkan terlebih dahulu segala sesuatunya. Salah satunya adalah mempersiapkan bibit. Bibit yang baik yang bisa digunakan pada saat musim penghujan tiba adalah bibit yang berkualitas. Tanpa adanya bibit yang berkualitas, maka pembudidayaan cabai tidak bisa berjalan dengan baik bahkan mengalami kegagalan.

Advertisements

Salah satu penyebab gagalnya pembudidayaan cabai adalah karena petani tidak menggunakan bibit berkualitas pada saat musim penghujan tiba. Biasanya yang menggunakan bibit tidak berkualitas adalah para petani tradisional. Sedangkan petani cabai modern kini telah menggunakan bibit berkualitas.

Bibit cabai juga tidak luput dengan serangan penyakit. Biasanya penyakit yang sering menyarang bibit cabai adalah penyakit rebah batang. Penyakit rebah batang disebabkan oleh cendawan.

Saat bibit cabai umurnya sudah cukup, maka bibit cabai bisa langsung ditanam dibedengan. Hal ini dilakukan supaya bibit cabai cepat tumbuh dan dapat dipanen sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Penanaman dapat dilakukan pada sore hari atau pada pagi hari.

Pemasangan mulsa plastik

Pemasangan mulsa plastik sebaiknya pada siang hari. Mengapa harus pada siang hari? Hal tersebut dikarenakan pada saat siang hari, matahari sangat terik. Matahari yang terik ini sangat berguna untuk membuat mulsa plastik menjadi mengembang dan mudah untuk ditarik.

Mulsa plastik yang baik dan bagus untuk pembudidayaan cabai adalah mulsa plastik hitam perak. Mulsa tersebut sangat bagus tetapi harganya mahal. Namun begitu, banyak para petani yang menggunakan mulsa plastik hitam perak karena dianggap lebih menjamin pemanenan cabai tidak gagal.

Pemeliharaan Harian setelah bibit di tanam

Memelihara tanaman cabai yang baik merupakan salah satu kunci agar tanaman cabai tidak mengalami gagal panen pada saat musim penghujan tiba. Salah satu cara memelihara cabai adalah penyiraman.

Baca Juga: Tips Penting Menanam Cabai Musim Hujan

Penyiraman tanaman cabai pada saat musim penghujan disesuaikan dengan keadaan cuaca pada saat itu. Penyiraman juga tidak boleh terlalu berlebihan karena dapat mengundang penyakit.Mungkin hanya ini saja yang bisa saya sampaikan tentang Step By Step menanam Bibit Cabai semoga bisa berguna dan bermanfaat..salam..

Advertisements
Step By Step Menanam Bibit Cabai | Penulis | 4.5