Syarat Tumbuh Jamur Tiram Budidaya

Syarat Tumbuh Jamur Tiram Budidaya – Jamur tiram merupakan salah satu jenis jamur yang bila dikonsumsi tidak berbahaya bagi tubuh atau dalam kata lain bisa dikonsumsi oleh manusia. Dikatakan jamur tiram karena bentuknya memang mirip seperti tiram.

Ciri-ciri dari jamur tiram adalah seperti memiliki tudung yang lonjong, bulat, atau melengkung. Ciri-ciri lainnya seperti permukaan jamur agar licin.

Advertisements

Jamur tiram juga merupakan jamur yang paling banyak disukai oleh masyarakat. Karena rasanya yang enak dan dapat diolah menjadi berbagai macam olahan masakan membuat jamur tiram semakin disukai oleh masyarakat. Saat ini banyak rumah makan yang menyajikan olahan jamur tiram.

Semakin banyak orang yang menyukai dan menyajikan olahan jamur tiram maka kebutuhan akan jamur tiram semakin meningkat.Syarat Tumbuh Jamur Tiram Budidaya

Namun, semakin meningkatnya permintaan akan jamur tiram tidak sebanding dengan pemasukan nya. Pemasukan akan jamur tiram sedikit karena tidak banyak yang membudidayakan jamur tiram.

Sebenarnya kesempatan ini dapat kita jadikan sebagai lahan usaha yang akan mendatangkan keuntungan. membudidayakan jamur tiram memang terkesan sulit.

Namun harga jamur tiram yang mahal akan mendatangkan keuntungan bagi kita. Keuntungan tersebut sebanding dengan kerja keras kita dalam memelihara jamur tiram.

Syarat Tumbuh Jamur Tiram Budidaya

Jamur tiram ini dapat dibudidayakan di daerah mana saja. Yang terpenting adalah suhu, kelembapan, dan pH media tanam. Suhu, kelembapan, dan pH media tanam sangat lah berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman jamur tiram ini.

Advertisements

Perlu diketahui bahwa jamur tiram dapat hidup di suhu 23-27 derajat celcius, kelembapan 75%, dadn pH media tanam adalah 8. Dengan mengikuti saran tersebut maka jamur tiram yang kita peroleh akan menghasilkan jamur yang berkualitas.simak juga Pencegahan Hama Penyakit Cabai Rawit

Begitu pula sebaliknya, jika tidak mengikuti saran tersebut maka jamur tiram yang akan kita peroleh akan menghasilkan jamur yang tidak berkualitas.

Untuk menghasilkan jamur tiram yang berkualitas, maka tak lepas dari pemilihan bibit yang baik. Bibit yang baik akan menghasilkan jamur tiram yang berkualitas. Bibit yang baik bisa didapatkan di toko pertanian. Pilihlah bibit yang telah bersertifikat.

Jenis bibit yang dibeli biasanya jenis bibit F2, bibit F3, atau pun bibit F4. Selain itu, bibit juga bisa didapatkan secara murni atau membiarkan bibit murni. Bibit murni ini disebut sebagai bibit F1.

Namun, untuk mendapatkan bibit murni kita harus melewati beberapa tahap. Tahap-tahap ini lah yang terkesan sulit. Jika ingin mendapatkan bibit secara langsung maka pilih saja bibit yang ada di toko pertanian.

Kandungan Gizi Jamur Tiram

Perlu kita ketahui bahwa jamur tiram memiliki kandungan gizi yang begitu banyak. Beberapa kandungan gizi yang terdapat di dalam jamur tiram seperti lemak, protein, karbohidrat, dan beberapa kandungan gizi lainnya.

Kandungan gizi tersebut dapat memenuhi kebutuhan tubuh. Jamur tiram ini sangat cocok dikonsmusi oleh siapa saja karena memiliki kandungan gizi yang dapat membantu proses tumbuh kembang.Simak juga Baca Juga Cara Budidaya Jamur Kuping Kusus Pemula

Advertisements
Syarat Tumbuh Jamur Tiram Budidaya | Penulis | 4.5