Syarat Tumbuh Mangga Pot Dan Lahan Terbuka Budidaya

Syarat Tumbuh Mangga Pot Dan Lahan Terbuka Budidaya – Mangga merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sering di budidayakan. Membudidayakan mangga bisa dikatakan sedikit sulit. Jika kita ingin membudidayakan mangga, pertama-tama kita harus tahu syarat tumbuh dari mangga. Setelah mengetahui syarat tumbuh mangga, selanjutnya kita juga harus tahu mengenai iklim dan hal yang mempengaruhi tanaman mangga tersebut.

Lantas, apa saja syarat tumbuh dari mangga? Dan apa saja yang hal yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman mangga? Di bawah ini akan dijelaskan mengenai ekologi mangga.

Advertisements

Mangga merupakan tanaman yang hidup di daerah yang kering. Mengapa begitu? Karena, di daerah yang kering ini, mangga akan berbunga dengan baik. Jika tumbuh di daerah basah, mangga akan terserang hama penyakit lebih mudah. Jika hama penyakit lebih mudah terserang pada mangga, maka otomatis mangga tidak akan berbunga dengan baik.

Bunga ini sangat menentukan buah mangga yang akan dihasilkan. Hal tersebut dikarenakan pada bunga ini lah buah mangga akan tumbuh. Jika hama penyakit menyerang bunga, bagaimana dengan buah mangganya. Pasti buah mangga yang dihasilkan tidak sebaik buah mangga yang dihasilkan dari tanaman mangga yang dibudidayakan di daerah kering.

Syarat Tumbuh Mangga Pot Dan Lahan Terbuka Budidaya

Syarat Tumbuh Mangga Pot Dan Lahan Terbuka Budidaya

Lantas, daerah manakah yang cocok untuk pertumbuhan mangga? Daerah yang cocok untuk pertumbuhan mangga adalah daerah dataran rendah. Daerah dataran rendah memang dikenal sebagai daerah yang musim panasnya lebih kuat daripada musim hujannya. Berbeda dengan daerah dataran tinggi.tulisan terkait Cara Menanam Buncis Dalam Pot Polybag

Daerah dataran tinggi musim hujannya yang lebih kuat daripada musim panasnya. Tanaman mangga termasuk tanaman yang dapat ditanam di jenis maupun di struktur tanah apa saja. Baik itu jenis tanah berhumus, tanah biasa, atau tanah gambut. Namun, jika mangga di budidayakan di tanah yang tidak subur, sebaiknya berikan pupuk agar tanah tersebut dapat subur dan mangga yang dibudidayakan pun dapat tumbuh dengan subur.

Tanaman mangga memerlukan curah hujan lebih kurang 800-2000 mm per tahunnya. Biasanya, tanaman mangga akan memasuki musim berbunga sekitar 2 bulanan. Sedangkan buahnya akan matang setelah berusia sekitar 4-5 bulanan. Masa berbuah yang telah disebutkan merupakan masa berbuah pada tanaman mangga yang ditanam di daerah musim kemaraunya lebih panjang daripada musim penghujannya.

Mangga juga memerlukan sinar matahari yang cukup. Sinar matahari ini sangat membantu proses fotosintesis pada tanaman mangga. Tanpa adanya sinar matahari yang cukup, tanaman mangga tidak akan dapat berfotosintesis dengan baik. Ketika menanam mangga, sebaiknya tanamlah di tempat yang terkena sinar matahari.Tulisan lain Cara Budidaya Jamur Kuping Kusus Pemula

Apabila penanaman mangga dilakukan di pot atau di tempat lainnya, tempatkan pot atau wadah tanaman mangga di tempat yang terkena sinar matahari yang cukup. Dalam satu hari, tanaman mangga membutuhkan setidaknya 5-6 jam sinar matahari. Kebutuhan tanaman mangga tersebut harus terpenuhi agar menghasilkan mangga yang sangat berkualitas.

Syarat Tumbuh Mangga Pot Dan Lahan Terbuka Budidaya

Iklim terbaik Menanam Mangga Pot Lahan terbuka

Saat ini, telah banyak orang yang mulai membudidayakan mangga. Membudidayakan mangga bukanlah hal yang mudah. Kita perlu tahu mengenai apa-apa saja yang membuat mangga tersebut tumbuh dengan subur. Salah satu yang membuat mangga dapat tumbuh dengan subur adalah iklim.

Advertisements

Iklim memang sangat mempengaruhi pertumbuhan mangga. Iklim yang baik dan cocok akan mendukung pertumbuhan mangga. Begitu pula sebaliknya, iklim yang tidak baik dan tidak cocok untuk pertumbuhan mangga, maka pertumbuhan mangga tidak akan sempurna.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai iklim yang dapat memengaruhi pertumbuhan mangga, marilah simak penjelasan di bawah ini.Penting di baca Syarat Tumbuh Jamur Tiram Budidaya

Iklim dan pertumbuhan Mangga

Iklim merupakan hal yang paling mempengaruhi pertumbuhan mangga. Umumnya, mangga dapat tumbuh dengan baik dan dapat berproduktivitas dengan baik di daerah dataran rendah. Namun, ternyata mangga juga dapat dibudidayakan di daerah dataran tinggi. Di daerah dataran tinggi yang memiliki suhu sekitar 5-12 derajat celcius pun tanaman mangga dapat tumbuh dan berkembang.

Syarat Tumbuh Mangga Pot Dan Lahan Terbuka Budidaya

Akan tetapi, jika kita membudidayakan mangga di daerah yang memiliki suhu sekitar 5-12 derajat celcius, mangga yang kita budidayakan tersebut tidak dapat berproduktivitas dengan baik. Akibatnya, buah mangga yang dihasilkan sangat sedikit. Dalam satu tahun, mangga hanya dapat dipanen kira-kira 1 kali saja. Itu pun dipanen dengan jumlah yang sedikit.

Itu berarti, suhu yang terlalu rendah mengakibatkan produktivitas buah mangga sangat rendah. Namun, suhu yang terlalu tinggi juga tidak baik untuk pertumbuhan mangga. Suhu yang panas dengan rata-rata maksimal 46 derajat celcius mengakibatkan luka bakar pada batang akibat sinar matahari yang terlalu terik. Apalagi ditambah dengan angin kencang yang akan menambah luka bakar tersebut.Simak juga 8 Jenis Mangga Paling Manis Cocok Di Tanam Dalam Pot

Untuk itulah, pilihlah daerah yang memiliki suhu yang sedang-sedang saja. Jangan yang terlalu tinggi dan jangan pula yang terlalu rendah. Tujuanya supaya tanaman mangga yang kita budidayakan dapat tumbuh dengan subur serta menghasilkan buah yang berkualitas.

Tidak hanya suhu, ternyata curah hujan juga berpengaruh terhadap tumbuh kembang dari tanaman mangga. Seperti suhu, curah hujan yang terjadi pada tempat dimana mangga ditanam tidak boleh terlalu berlebihan dan tidak boleh terlalu sedikit. Jika curah hujan terlalu berlebihan, maka tepung saring dan bunga dapat rontok.

Syarat Tumbuh Mangga Pot Dan Lahan Terbuka Budidaya

Tidak hanya itu, air hujan yang terlalu berlebihan akan mengakibatkan tanah menjadi lembap. Tanah yang lembap sangat rentan terhadap serangan hama penyakit. Sedangkan curah hujan yang terlalu sedikit akan mengakibatkan tanaman mangga menjadi kekurangan air.

Tanaman mangga yang kekurangan air akan mengakibatkan daya produktivitas mangga menjadi lemah dan akan menghasilkan buah yang sedikit. Oleh karena itu, pilihlah tempat yang memiliki curah hujan yang sedang. Tidak terlalu tinggi maupun tidak terlalu rendah.

Ingatlah, curah hujan sangat menentukan tingkat kemanisan pada buah mangga. Hanya curah hujan yang cocok untuk tanaman mangga sajalah yang dapat membuat buah mangga memiliki rasa yang manis serta berkualitas.sekian Syarat Tumbuh Mangga Pot Dan Lahan Terbuka Budidaya semoga bisa membantu..Baca juga Penyakit Mangga dan Obatnya Paling Mujarab Secara Alami

Advertisements
Syarat Tumbuh Mangga Pot Dan Lahan Terbuka Budidaya | admin | 4.5