Syarat Tumbuh Tanaman Cabai Di Iklim Tropis

Syarat Tumbuh Tanaman Cabai Di Iklim Tropis – Cabai merupakan salah satu tanaman yang saat ini sedang menjadi komoditas utama. Saat ini sudah banyak orang yang menanam cabai. Keuntungan yang didapatkan ketika menanam cabai sangatlah besar.

Oleh karena itu banyak orang yang melakukan penanam cabai karena keuntungan yang didapatkan sangat banyak. Saat cabai mahal maupun saat cabai murah, petani cabai tetap saja mendapatkan keuntungan.

Ketika menanam cabai, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Beberapa hal tersebut dikenal dengan istilah syarat tumbuh. Agar tanaman cabai dapat tumbuh dengan baik, maka tanaman cabai tersebut harus memenuhi syarat tumbuh. Setiap petani mempunyai syarat tumbuh yang berbeda-beda.

Advertisements

Namun, kebanyakan petani cabai mempunyai inti yang sama dalam hal syarat tumbuh bagi tanaman cabainya.Syarat Tumbuh Tanaman Cabai Di Iklim Tropis

Syarat Tumbuh Tanaman Cabai Di Iklim Tropis

Lantas, apa-apa syarat tumbuh yang biasanya dipakai oleh para petani? Untuk mengetahuinya, mari kita simak penjelasan berikut.

  • Iklim

Iklim merupakan salah satu syarat tumbuh bagi tanaman cabai. Ketika menanam cabai, hendaklah melihat iklim disekatar. Hal ini dilakukan tidak lain supaya nantinya tanaman akan tumbuh dengan baik dan tidak mengalami gagal panen.

Setiap jenis cabai itu berbeda-beda. Begitu pula dengan masalah dimana cabai tersebut diletakkan. Antara jenis cabai satu dengan cabai lainnya, pasti memiliki perbedaan dalam masalah aerah mana yang cocok untuk ditempatkan. Akan tetapi, cabai pada umumnya lebih dominan ditanam di daerah dataran rendah dan pegunungan.

Advertisements

Tanaman cabai membutuhkan iklim yang tidak terlalu dingin dan untuk kelembapan sendiri, tanaman cabai membutuhkan kelembapan yang tidak terlalu tinggi maupun rendah. Iklim maupun kelembapan yang sesuai harus dipenuhi ketika menanam cabai.

Sebab, jika tidak dipenuhi maka kedepannya gagal panen bisa saja terjadi karena pada saat penanaman berlangsung, iklim maupun kelembapan tidak sesuai dengan yang telah dianjurkan.

Untuk ketinggiannya, cabai pada umumnya dapat tumbuh di tempat yang memiliki ketinggian 1600 m dpl. Diatas ketinggian tersebut, tanaman cabai tidak bisa tumbuh karena iklimnya terlalu dingin sehingga cabai tidak bisa tumbuh dengan baik.

  • Tanah

Syarat tumbuh yang kedua adalah tanah. Tanah yang baik akan membuat tanaman cabai menjadi baik pula. Tanah yang bisa dijadikan untuk menanam cabai yang utama adalah subur.

Setelah itu barulah gembur, cukup air, dan yang terakhir adalah tidak terlalu liat. Syarat tanah tersebut haruslah dipenuhi dan tidak boleh ada satu pun yang tidak dipenuhi syarat-syarat tersebut.

Permukaan tanah untuk menanam cabai haruslah datar. Jika permukaan tanah tersebut miring, paling tidak miringnnya hanya 12 derajat. Lebih dari kemiringan 12 derajat tidak lah bisa.

Pengairan untuk tanaman cabai haruslah cukup. Cabai memerlukan air yang cukup. Karena itulah, untuk mendapatkan tanah yang mempunyai air yang cukup, maka bisa dialiri dengan air tetapi jangan terlalu berlebihan.

Baca Juga: Beberapa Jenis Cabai Paling Pedas Asal Luar

Sebab, jika berlebihan akan mengakibatkan kelembapan yang tinggi. Sedangkan tanaman cabai tidak boleh mendapatkan kelembapan yang terlalu tinggi.Demikian sedikit tulisan tentang¬†Syarat Tumbuh Tanaman Cabai Di Iklim Tropis semoga bisa membantu dan berguna..salam…

Advertisements
Syarat Tumbuh Tanaman Cabai Di Iklim Tropis | Penulis | 4.5