Syarat Tumbuh Tanaman Hias Anggrek

Syarat Tumbuh Tanaman Hias Anggrek – Berbicara mengenai tanaman anggrek, siapa yang tidak mengenal tanaman yang satu ini. Tanaman yang memiliki sejuta pesona keindahan membuat sebagian orang menjadi menyukainya.

Bahkan kini telah ada komunitas penghobis tanaman anggrek. Tidak hanya satu, mungkin ada beratus-ratus komunitas pecinta tanaman anggrek yang anggotanya terdiri atas para pecinta tanaman anggrek.

Advertisements

Perlu Anda ketahui bahwa anggrek meupakan tanaman yang memiliki beribu-ribu jenis diseluruh dunia. Tercatat kurang lebih ada 16.000-19.000 spesies anggrek yang ada di dunia. Di Indonesia sendiri telah ada kurang lebih 4.000 spesies anggrek yang sudah menyebar diseluruh Indonesia.

Kini anggrek telah menyebar diseluruh penjuru dunia. Termasuk di daerah benua Antartika atau di Kutub Selatan dan di daerah benua Arktik atau di Kutub Utara.Syarat Tumbuh Tanaman Hias Anggrek

Anggrek memiliki berbagai jenis dan sebagian menyebar dikedua benua tersebut. Apakah jenis anggrek yang tumbuh dikedua benua tersebut dapat hidup dengan baik? Jenis anggrek yang tumbuh dikedua benua tersebut dapat tumbuh dengan baik.

Syarat Tumbuh Tanaman Hias Anggrek

Hal ini dikarenakan mengingat anggrek memiliki berbagai jenis dan dapat hidup dengan baik di daerahnya masing-masing. Keadaan habitat yang tidak sama menjadikan setiap jenis anggrek berbeda-beda. Bahkan penampilan anggrek alam memiliki berbagai macam bentuknya mulai dari ukuran dan tipenya.Baca juga Jenis Anggrek Bagus Untuk Bunga Potong

Advertisements

Ukuran anggrek itu tidaklah sama. Ada yang berukuran sangat-sangat kecil dan ada yang berukuran sangat-sangat besar. Kecil besarnya ukuran anggrek dipengaruhi oleh jenis anggrek itu sendiri. Pada saat ini, telah tercatat anggrek yang paling kecil yang ada di dunia ukurannya sekitar 0,80 cm. Sedangkan anggrek yang ukurannya paling besar yang ada di dunia ukurannya sekitar 6.10 m.

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua jenis anggrek itu bersifat parasit atau merugikan tumbuhan lain. Memang ada yang bersifat parasit namun tidak semua jenis anggrek bersiffat parasit. Sebagian besar jenis anggrek bukanlah berasal dari anggrek yang bersifat parasit.

Dilihat dari tempat tumbuhnya, anggrek dapat dibedakan atas empat jenis. Diantaranya seperti anggrek terrestrik, anggrek semiterrestrik, anggrek epifit, dan anggrek semi epifit. Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai keempat jenis anggrek tersebut.

Anggrek terrestrik

Anggrek terrestrik terbagi atas dua tipe yaitu anggrek terrestrik umbi semu dan anggrek terrestrik murni. Anggrek terrestrik tumbuh di media buatan yang diletakkan di tanah yang terbuka.

Anggrek semiterrestrik

Anggrek semiterrestrik merupakan anggrek yang hidup di atas permukaan tanah. Ciri-ciri dari anggrek semiterrestrik adalah tidak memiliki umbi semu dan batangnya berada di atas permukaan tanah.

Anggrek epifit

Anggrek epifit merupakan anggrek yang hidup menumpang pada tanaman lainnya baik itu tanaman hidup maupun tanaman mati. Anggrek bukanlah tanaman yang bersifat parasit atau merugikan tanaman lain yang ditumpanginya tersebut.

Sebagian besar spesies anggrek merupakan jenis anggrek epifit. Contoh anggrek epifit seperti Vanda, Phalaenopsis, Cattleya, dan Dendrobium.

Anggrek semiepifit

Anggrek semiepifit merupakan aggrek yang tumbuh menempel pada substrat. Contoh anggrek semiepifit adalah Laelia, Brassavola, ddan Epidendrum.Demikian jenis serta syarat tumbuh tanaman hias anggrek,semoga membantu.Baca Juga Bisnis Usaha Jual Beli Tanaman Hias Anggrek

Advertisements
Syarat Tumbuh Tanaman Hias Anggrek | Penulis | 4.5