Tahapan Menanam Jambu Biji Dalam Pot

Tahapan menanam jambu biji dalam pot – Ada sebagian dari petani jambu biji yang membudidayakan tanaman jambu biji di dalam pot. Menanam jambu biji di dalam pot ini cocok untuk petani yang tidak memiliki lahan yang cukup untuk menanam jambu biji, sedangkan membudidayakan jambu biji memerlukan lahan yang luas.

Ketika menanam tanaman jambu biji di dalam pot, ada beberapa tahapan yang perlu Anda lewati. Diantaranya adalah menentukan jenis pot serta menentukan media tanam yang baik.

Jika keduanya sudah didapatkan, hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menanam tanaman jambu biji di dalam pot. Menanam jambu biji tidak bisa sembarang.Tahapan Menanam Jambu Biji Dalam Pot

Advertisements

Tahapan nanam Jambu biji Dalam pot

Ada tahapan demi tahapan yang harus Anda lakukan. Apa-apa saja tahapan yang perlu dilewati itu? Tahapan nya adalah sebagai berikut.

  • Pertama-tama Anda perlu menyiapkan bongkahan batu. Bongkahan batu juga akan berguna untuk menanam jambu biji.

  • Setelah itu, bongkahan batu yang telah Anda persiapkan tadi, masukkan di dalam pot yang telah disediakan dengan ketinggian maksimal 6 cm. Kegunaan bongkahan batu disini ialah menjaga agar tanah nantinya tidak keluar dari pot. Selain itu, bongkahan batu juga berguna untuk melancarkan aliran air.

    Advertisements
  • Setelah bongkahan batu dimasukkan, setelah itu masukkan media tanam (sekam, kompos, pasir, tanah liat, dan humus) yang telah dicampurkan secara keseluruhan ke dalam pot. Media tanam tersebut dimasukkan ke dalam pot hingga lebih dari setengah dari tinggi pot.

  • Kemudian, bibit yang akan ditanam di dalam pot dikeluarkan dari dalam polibag tempat bibit itu tumbuh. Cara mengeluarkan bibit dari polibagnya itu senang.

  • Cukup dengan menggunting bagian polibag hingga kebagian bawah bibit dan kemudian mengeluarkan bibit dari polibag. Apabila terdapat akar yang panjang, sebaiknya dipotong, supaya nantinya tidak mengganggu tanaman jambu biji hidup di dalam pot.

  • Setelah itu, masukkan bibit jambu biji ke dalam pot. Ketika meletakkan jambu biji ke dalam pot, letakkan lah bibit tepat ditengah-tengah pot. Apabila terdapat daun yang kurang bagus, maka Anda bisa memangkas daun tersebut.

  • Setelah bibit dimasukkan ke dalam pot, hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah padatkan pot dengan menggunakan media tanam. Isi pot kira-kira hingga 6 cm dari bagian atas pot.

  • Tahap yang terakhir adalah siram tanaman jambu biji yang telah jadi tersebut dengan menggunakan air.

Kunci sukses supaya tanaman jambu biji Anda dapat tumbuh dengan sempurna dan berbuah dengan lebat adalah cukup dengan menjaga dan memelihara tanaman jambu biji dengan benar dan baik.

Dengan cara begitu, tanaman jambu biji Anda akan tumbuh dengan subur dan jambu biji yang akan dihasilkan akan lebih banyak.

Sebenarnya tanaman jambu biji yang ditanam di dalam pot dengan yang ditanam di lahan itu sama saja. Namun, apabila Anda tidak bisa menjaga dan merawat tanaman jambu biji di dalam pot, maka ya jadinya tanaman jambu biji akan buruk dari tanaman jambu biji yang ditanam di lahan.

Advertisements
Tahapan Menanam Jambu Biji Dalam Pot | Penulis | 4.5