Teknik Bertanam Cabai di Dalam Pot

Teknik Bertanam Cabai di Dalam Pot – Bertanam cabai dapat dilakukan dimana saja. Baik itu di lahan terbuka maupun di tempat-tempat seperti pot dan polibag. Untuk petani yang memiliki lahan yang luas, maka penanaman cabai dapat dilakukan di lahan terbuka.

Lantas, bagaimana cara petani cabai yang tidak memiliki lahan yang luas untuk menanam cabai? Apabila petani cabai tersebut tidak memiliki lahan yang luas untuk menanam cabai, maka bisa dilakukan di pot.

Pot merupakan alternatif petani cabai yang tidak memiliki lahan yang luas untuk menanam cabai. Tidak hanya petani cabai saja yang menanam cabai, namun masyarakat biasa pun juga bisa menanam cabai. Tidak terkecuali masyarakat kota.

Advertisements

Masyarakat kota juga bisa menanam cabai. Tapi, bagaimana masyarakat kota bisa menanam cabai? Rata-rata di kota tidak mempunyai lahan yang luas untuk menanam cabai.Teknik Bertanam Cabai di Dalam Pot

Salah satu alternatif masyarakat kota bisa menanam cabai adalah dengan menggunakan pot. Bentuk pot yang kecil dapat menanam cabai dalam jumlah yang banyak tetapi tidak memakan tempat yang banyak pula.

Teknik Bertanam Cabai di Dalam Pot

Banyak manfaatnya jika menanam cabai di dalam pot. Selain dapat menjadi bahan konsumsi, menanam cabai di dalam pot juga dapat menjadi hiasan di pekarangan rumah. Apalagi jika tanaman cabai tersebut sudah berbuah dan akan menambah indah suasana pekarangan rumah. Ditambah lagi sekarang telah banyak varietas cabai yang sangat banyak.

Menanam cabai di dalam pot tidak boleh sembarangan. Ada tahap-tahap tertentu yang harus dilewati. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Tahapan memilih pot

Advertisements

Pot yang digunakan untuk menanam cabai haruslah yang baik dan bagus. Pot sangat berpengaruh besar bagi pertumbuhan tanaman cabai. Maka dari itu, pilihlah pot yang baik dan mampu mendukung pertumbuhan tanaman cabai. Pot yang dipilih untuk menanam cabai haruslah memenuhi syarat sebagai berikut.

  1. Pilihlah pot yang berukuran besar. Jangan memilih pot yang berukuran kecil. Mengapa begitu? Sebab, pot yang kecil dapat menghalang tumbuhnya tanaman cabai.
  2. Sistem drainase pot haruslah baik. Cara melihat baik tidadknya sistem drainase adalah dengan melihat bagian bawah pot. Pot yang baik adalah yang bagian bawahnya berlubang.
  3. Pada bagian bawah pot harus memiliki kaki atau tempat bertumpu.
  4. Terbuat dari bahan yang tidak mudah pecah.
  5. Ringan.

Media tanah

Media tanah harus disediakan sebelum penanaman cabai dilakukan. Tanpa adanya media tanah, maka penanaman cabai tidak bisa dilakukan. Media tanah yang dipakai adalah tanah gembur dan pupuk organik. Perbandingan yang disarankan adalah 2 : 2.

Kemudian campurkan kembali pasir, pupuk, dan tanah liat dengan perbandingan 2 : 2 : 2. Campurkan kembali pupuk organik dan tanah liat dengan perbandingan 6 : 3 : 4.

Setelah itu, masukkan semua campuran tersebut ke dalam pot. Sebelum media tanam dimasukkan ke dalam pot, sebaiknya letakkan pecahan genteng di bagian dasar pot.

Setelah itu, masukkan media tanah ke dalam pot yang telah ada pecahan gentengnya. Setelah itu, barulah tanah disiram dengan menggunakan air.

Baca Juga: Step By Step Menanam Bibit Cabai

Setelah media tanah disiapkan, selanjutnya lakukanlah proses penanaman. Penanaman bisa dilakukan pada sore hari maupun pada siang hari. Hindari penanaman cabai pada waktu siang hari karena akan mengakibatkan kegagalan penanaman.sekian Teknik Bertanam Cabai di Dalam Pot semoga bisa membantu..salam..

Advertisements
Teknik Bertanam Cabai di Dalam Pot | Penulis | 4.5