Teknik Cara Budidaya Jamur Merang Pemula

Teknik Cara Budidaya Jamur Merang Pemula – Teknik bertanam dipekarangan kini telah diterapkan oleh sebagian petani. Ada beberapa alasan mengapa sebagian petani lebih memilih membudidayakan tanamannya di pekarangan rumahnya.

Salah satu alasannya adalah karena dapat langsung dipantau setiap saat. Berbeda jika petani membudidayakan tanamnnya di kebun atau di tempat yang jauh dari rumahnya.

Advertisements

Tidak hanya para petani saja yang melakukan pembudidayaan di pekarangan rumah, namun masyarakat awam pun kini telah melakukan pembudidayaan di pekarangan rumahnya. Mudahnya memelihara dalam pembudidayaan membuat masyarakat Indonesia lebih memilih teknik bertanam dipekarangan rumahnya.

Membudidayakan tanaman tidak hanya seperti sayuran, namun pembudidayaan seperti jamur juga bisa dibudidayakan di pekarangan rumah. Banyak para petani jamur yang melakukan teknik bertanam dipekarangan.Teknik Cara Budidaya Jamur Merang Pemula

Teknik Cara Budidaya Jamur Merang Pemula

Apakah Anda termasuk salah satunya? Semua jenis jamur bisa dibudidayakan di pekarangan rumah Anda, namun lihat lah terlebih dahulu kondisi tanah yang cocok dengan jenis jamur yang Anda tanam.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai jenis  jamur ynag bisa ditanam di pekarangan rumah dan cara membudidayakannya. Lantas, jamur apa-apa saja yang bisa dibudidayakan dipekarangan rumah? Dan bagaimanakah cara membudidayakannya? Untuk mengetahui lebih lanjut, mari simak penjelasan di bawah ini.

Jenis jamur merang

Jamur merang merupakan salah satu jenis jamur yang bisa dibudidayakan di pekarangan rumah Anda. Budidaya jamur merang kini banyak digeluti oleh para petani jamur hingga menyebar ke seluruh wilayah di Indonesia.Baca juga Tips Sebelum Menanam Sayuran Ala Rumahan

Advertisements

Baik itu di daerah dataran tinggi maupun di daerah dataran rendah. Namun, petani yang lebih banyak membudidayakan jamur merang adalah petani dari daerah dataran rendah.

Daerah dataran rendah sangat cocok untuk tempat hidup jamur merang ini. Salah satu tujuan para petani jamur di daerah dataran rendah membudidayakan jamur merang adalah karena jamur merang dianggap lebih banyak mengandung protein yang tinggi daripada jamur pada umumnya. Selain itu, jamur merang juga memiliki kandungan zat gizi lainnya seperti kalsium, fosfor, tiamin, dan masih banyak yang lainnya.

Bagaimana cara membudidayakan jamur merang ini? Cara membudidayakan jamur merang adalah sebagai berikut.

Pembuatan rumah jamur

Hal yang paling utama yang bisa Anda lakukan adalah pembuatan rumah jamur. Rumah jamur dapat dibuat dengan menggunakan rangka besi. Sedangkan dinding dan atapnya bisa dibuat dengan menggunakan plastik.Simak juga Jenis Sayuran Organik Paling Bagus Dan Sehat

Untuk besar rumah jamur tergantung kepada Anda, ingin membuat rumah jamurnya dengan berukuran besar atau dengan berukuran kecil. Di dalam rumah jamur sediakan dua buah lampu neon. Lampu neon ini digunaan untuk menjaga suhu ruangan agar tetap stabil.

Fermentasi media tumbuh

Untuk media tumbuhnya, Anda bisa menggunakan campuran limbah kapas dan jerami dengan perbandingan 2 : 2. Dan gunakan juga kapur pertanian sekitar 2%. Kemudian campurkan kedua bahan tersebut menjai satu. Rendamlah di dalam air hingga 1 hari 1 malam.

Setelah selesai direndam, selanjutnya peras bahan tersebut dan tumpukkan di suatu ruangan. Tutup timbunan tersebut dengan menggunakan plastik. Proses penutupan ini dinamakan proses fermentasi. Biarkan selama 5 hari.

Setelah itu barulah jamur merang bisa ditanam pada media jerami tersebut.Mungkin hanya ini saja yang bisa saya tuliskan,jangan lupa baca juga Teknik Menanam Sayuran Dalam Pot Rumah Semoga bisa berguna..salam..

Advertisements
Teknik Cara Budidaya Jamur Merang Pemula | Penulis | 4.5