Teknik Cara Menanam Cabai di Musim Hujan

Teknik Cara Menanam Cabai di Musim Hujan – Musim hujan merupakan musim yang paling tidak menguntungkan bagi para petani. Terlebih lagi jika hujan yang turun sangat lah deras. Mengapa begitu? Pasalnya, tanaman cabai tidak bisa hidup pada kelembapan yang tinggi. Pada saat musim hujan tiba, tanah akan berubah menjadi berkelembapan tinggi. Apalagi pada daerah dataran rendah.

Kondisi tanah yang mempunyai kelembapan yang tinggi merangsang datangnya penyakit. Sedangkan penyakit sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup tanaman cabai. Apa penyebab utama timbulnya kelembapan tanah yang tinggi ini? Penyebab utama timbulnya kelembapan tinggi adalah karena tanah tempat pembudidayaan cabai tergenangi oleh air.

Advertisements

Genangan air tersebut disebabkan oleh air yang berlebihan. Kelebihan air tersebut terjadi karena penyiraman yang terlalu berlebih atau pun terjadi karena curah hujan yang terlalu tinggi sehingga menggenangi tanah.Teknik Cara Menanam Cabai di Musim Hujan

Teknik Cara Menanam Cabai di Musim Hujan

Di Indonesia, musim hujan datang pada bulan November hingga April. Biasanya para petani cabai mempersiapkan beberapa hal yang harus dipenuhi ketika musim penghujan tiba. Jika persiapan tersebut tidak dilakukan, maka petani bersiap untuk melihat tanaman cabainya gagal untuk dipanen.

Bahkan pada saat musim hujan tiba, beberapa petani lebih memilih beralih menanam tanaman lainnya, contohnya seperti padi. Peralihan penanaman ini tidak terjadi diseluruh daerah di Indonesia, melainkan hanya sebagian saja daerah di Indonesia.

Advertisements

Menanam cabai pada saat musim penghujan tiba itu berarti para petani mempersiapkan diri untuk melihat tanaman cabai yang gagal untuk dipanen. Tingkat kegagalan pemanenan cabai sangatlah tinggi. Jika tidak berhasil, cabai akan gagal untuk dipanen dan petani akan mengalami kerugian yang sangat besar.

Supaya menanam cabai berhasil dan sukses

Namun, jika penanaman cabai berhasil dan petani memanen hasil cabainya, berarti resiko gagal panen tidak lagi membayangi petani tersebut dan petani akan mendapatkan untung yang berlipat-lipat. Pada saat musim penghujan tiba, harga cabai dipasaran sangatlah mahal. Penyebabnya tak lain adalah karena banyak para petani yang berpindah menanam tanaman lain dan banyak petani yang mengalami gagal panen.

Pada saat petani mendapatkan bahwa tanaman cabainya bisa dipanen pada saat musim penghujan maka itu berarti petani akan mendapatkan untung yang sangat besar dari hasil penjualan cabainya ke pasar.

Cabai yang lebih beresiko gagal panen adalah cabai merah. Cabai merah sangat beresiko gagal panen daripada cabai rawit dan cabai jenis lainnya. Apalagi jika musim penghujan tidak berakhir dan hujan terus menerus datang. Resiko gagal panen sangatlah besar sekali.

Sebenarnya, jika petani tersebut pandai dalam mengolah lahannya pada saat musim penghujan tiba, resiko gagal panen tersebut tidaklah ada. Yang ada hanyalah untung yang sangat besar yang akan didapatkan oleh petani tersebut.

Baca juga: Trik Memilih Bibit Cabai Yang Berkualitas Unggul

Namun, tidak semua petani cabai yang mampu mengolah lahan pada saat musim penghujan tiba. Karena itulah, sering sekali gagal panen muncul akibat petani tidak pandai dalam mengolah lahan.sekian Teknik Cara Menanam Cabai di Musim Hujan semoga bisa membantu..salam..

Advertisements
Teknik Cara Menanam Cabai di Musim Hujan | Penulis | 4.5