Teknik Menanam Cabai Di Lahan Kering

Teknik Menanam Cabai Di Lahan Kering – Menanam cabai pada saat musim kemarau dinilai lebih baik dan lebih mudah daripada menanam cabai pada saat musim hujan. Mengapa begitu? Karena, pada saat musim kemarau, curah hujan tidak tinggi. Jadi, tanah atau lahan tempat pembudidayaan tidak tergenang oleh air. Genangan air dapat membuat penyakit datang dan menyerang cabai.

Pada musim kemarau penyakit atau hama jarang datang karena curah hujan tidak tinggi. Jadi, kelembapan tanah tidak terlalu tinggi. Kelembapan yang terlalu tinggi dapat merangsanga datangnya penyakit dan hama.

Advertisements

Cabai merupakan salah satu tanaman budidaya yang dapat ditanam di daerah manapun. Baik itu daerah dataran rendah maupun dataran tinggi. Sifatnya yang mudah ditanam membuat cabai mampu ditanam di daerah manapun.Teknik Menanam Cabai Di Lahan Kering

Teknik Menanam Cabai Di Lahan Kering

Ketika melakukan budidaya tanaman cabai, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Syarat tumbuh haruslah dipenuhi. Apabila syarat tumbuh ini ada yang kurang, maka cabai tidak akan bisa tumbuh dengan baik. Syarat tumbuh yang harus dipenuhi diantaranya adalah lahan, waktu penanaman dan benih.

Lahan atau tanah yang akan dipakai untuk pembudidayaan cabai haruslah yang gembur, kaya akan kandungan humusnya, dan yang paling terpenting adalah lahan atau tanah tidak mudah tergenang oleh air.

Waktu penanaman cabai yang baik adalah pada akhir musim penghujan. Yaitu pada bulan maret atau pada bulan april. Kedua bulaln tersebut sangat cocok digunakan sebagai waktu penanaman cabai.

Advertisements

Penanaman cabai pada saat musim penghujan akan mengakibatkan kerugian akibat gagal panen. Namun, keuntungan yang akan didapatkan oleh petani berkali kali lipat dari untuk membudidayakan cabai pada saat musim kemarau.

Syarat tumbuh yang terkahir adalah benih. Benih yang baik adalah benih yang berkualitas. Benih yang berkualitas sangat mudah didapatkan. Sebelum ditanam, sebaiknya benih cabai dijemur terlebih dahulu. Setelah benih kering, barulah bisa langsung ditanam di lahan yang telah disediakan terlebih dahulu.

Penyemaian

Sebelum bibit dipindahkan di lahan, sebaiiknya bibit disemai terlebih dahulu. Penyemaian dapat dilakukan di dalam polibag atau pun pot. Bibit atau benih baru bisa dipindahkan di lahan setelah berumur 30 hari.

Pemeliharaan

Tahap-tahap pemeliharaan cabai meliputi pemupukan dan penyiraman. Pemeliharaan termasuk salah satu kunci sukses atau tidaknya pembudidayaan cabai. Pemupukan dapat dilakukan secara rutin dengan dosis yang telah dianjurkan. Pemupukan tidak dilakukan setiap hari. Ada hari-hari tertentu dimana tanaman cabai baru boleh dipupuk.

Untuk penyiramannya, tanaman cabai dapat disiram setiap hari. Apalagi pada saat musim kemarau. Usahakan supaya tanaman cabai tidak kekurangan air. Hal tersebut dapat diatasi dengan cara menyiram tanaman setiap hari.

Baca Juga: Tips Dan Trik Menanam Sayur Di Rumah

Waktu yang paling bagus untuk menyiram tanaman pada pagi hari dan sore hari. Jangan menyiram tanaman pada siang hari, sebab dapat merusak daun maupun tanaman cabai.demikian artikel tentang Teknik Menanam Cabai Di Lahan Kering semoga bisa membantu dan berguna..salam.

Advertisements
Teknik Menanam Cabai Di Lahan Kering | Penulis | 4.5