Teknik Menanam Sayuran Dalam Pot Rumah

Teknik Menanam Sayuran Dalam Pot Rumah – Bertanam sayuran dapat dilakukan dimana saja. Baik itu dilahan terbuka ataupun disuatu tempat. Semuanya sesuai dengan keinginan Anda. Salah satu teknik bertanam sayuran adalah teknik bertanam di pot.

Pot merupakan salah satu media yang bisa Anda gunakan sebagai tempat membudidayakan sayuran. Pot dapat digunakan untuk membudidayakan sayuran apabila Anda tidak memiliki lahan yang luas.

Lahan yang tidak luas kini bukan menjadi halangan bagi Anda untuk membudidayakan sayuran karena kini telalh ada pot sebagai alternatifnya.

Advertisements

Bentuknya yang tidak begitu besar membuat pot bisa diletakkan di tempat yang tidak luas. Selain itu, bertanam sayuran di pot juga memiliki keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Keuntungan pertama yang bisa Anda dapatkan adalah suasana disekitar rumah Anda yang terdapat tanaman sayurannya menjadi lebih sejuk dan asri.Teknik Menanam Sayuran Dalam Pot Rumah

Teknik Menanam Sayuran Dalam Pot Rumah

Suasana tersebut hanya bisa Anda dapatkan jika disekitar rumah Anda terdapat lahan hijaunya. Salah satu alternatifnya adalah dengan melakukan budidaya sayuran. Suasana rumah akan menjadi lebih sejuk dan asri lagi apabila Anda meletakkan tanaman sayuran Anda di tempat yang benar.

Contohnya seperti di teras rumah. Teras rumah Anda akan semakin bertambah sejuk jika Anda meletakkan tanaman sayuran tersebut di teras rumah.

Membudidayakan tanaman sayuraun di pot, ada tahap-tahap tersendiri. Tahap-tahap tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Advertisements
  • Semai benih

Tahap pertama yang bisa Anda lakukan adalah memilih jenis sayuran yang akan Anda budidayakan. Setelah Anda memilih jenis sayuran yang akan Anda budidayakan, selanjutnya belilah benih sayuran yang telah Anda pilih. Benih dapat dibeli di toko-toko pertanian terdekat. Sebelum membeli benih, sebaiknya pilihlah benih yang berkualitas.

Setelah benih didapatkan, selanjutnya Anda bisa melakukan persemaian benih. Untuk melakukan persemaian, hal yang perlu Anda persiapkan seperti kotak persemaian dan media tanam. Setelah itu, barulah persemaian bisa dilakukan.

Pada saat media persemaian telah mencukupi umur dan telah memungkinkan untuk ditanam di dalam pot, maka segeralah pindahkan ke dalam pot yang lebih besar.baca juga Tips Sebelum Menanam Sayuran Ala Rumahan

  • Pemberian pupuk dan penyiraman

Antara pemberian pupuk dengan penyiraman keduanya adalah hal penting yang harus Anda lakukan. Memelihara tanaman sayuran di dalam pot jauh lebih gampang dari pada merawat tanaman sayuran di lahan terbuka.

Contohnya saja ketika tanaman sudah layu, maka Anda bisa langsung menyiram dan memberi pupuk tanaman yang layu tersebut setiap harinya hingga tanaman tersebut kembali tidak layu.

Namun, apabila tanaman memang sudah benar-benar kering, yang harus Anda lakukan adalah menyiram tanaman yang kering tersebut dengan menggunakan air setiap sore dan pagi hari. Apabila tetap kering, maka Anda bisa memberikan pupuk NPK. Siram dan berikanlah pupuk secara rutin hingga tanaman tersebut tidak kering lagi.

Bagaimana jika tanaman sayuran tiba-tiba terserang oleh hama? Untuk pengendalian hamanya, yang bisa Anda lakukan adalah mengambil hama tersebut menggunakan tangan. Namun, jika Andai ngin lebih praktis maka Anda bisa menggunakan cairan kimia untuk membasmi hama tersebut.jangan lupa baca juga Jenis Sayuran Organik Paling Bagus Dan Sehat

Advertisements
Teknik Menanam Sayuran Dalam Pot Rumah | Penulis | 4.5