Teknik Pembibitan Anggrek Kompot Pot

Teknik Pembibitan Anggrek Kompot Pot – Memperbanyak tanaman anggrek bisa dengan berbagai cara. Salah satunya adalah melalui bibit anggrek kompot. Bibit anggrek kompot merupakan salah satu teknik memperbanyak tanaman anggrek dengan cara menanam anggrek yang masih muda secara berkelompok. Anggrek yang masih muda tersebut ditanam di dalam pot yang berukuran kecil.

Bibit anggrek kompot dapat dibuat sendiri dan ada pula yang menjual bibit anggrek kompot ini. Di pasar tanaman anggrek kini telah banyak ditemukan para pedagang yang menjual bibit anggrek kompot.

Advertisements

Semakin banyaknya orang yang menjual bibit kompot, maka akan membuat kita menjadi tidak perlu bersusah payah membuat bibit kompot secara sendiri.

Bibit kompot yang dijual di pasar tanaman anggrek tersedia atas dua macam bibit. Yang pertama adalah kompot yang berisi 15 bibit dan kompot yang berisi 25 bibit. Semakin banyaknya para penjual bibit anggrek  kompot,

Maka akan semakin membuat kita sulit memilih bibit anggrek kompot mana yang baik dan yang berkualitas. Memilih bibit kompot yang baik dan yang berkualitas bukanlah perkara yang mudah.Bibit anggrek kompot unggul

Teknik Pembibitan Anggrek Kompot Pot

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih bibit anggrek kompot yang akan kita beli. Apa-apa saja hal yang harus diperhatikan ketika memilih bibit kompot? Hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut.Simak Juga 3 Anggrek Hibrida Mudah Untuk Ditanam

Advertisements
  • Perhatikan kondisi tanaman dan pot yang akan dibeli. Kondisi tanaman dan pot haruslah bersih dan tidak boleh ada tanaman maupun pot yang kotor. Mengapa begitu? Sebab, tanaman maupun pot yang kotor menunjukkan bibit anggrek kompot tersebut tidak bagus.
  • Bibit yang ada di dalam kompot jumlahnya harus sama dengan besar kompot. Jika tidak sama antara jumlah bibit dengan besar kompot, maka akan mengakibatkan kelebihan kapasitas bibit.
  • Pada bagian umbi batang haruslah sehat. Umbi batang yang sehat menandakan bibit kompot tersebut sehat.
  • Seluruh bibit yang ada di dalam kompot pertumbuhannya haruslah sama. Tidak boleh ada bibit yang pertumbuhannya tidak sama.
  • Apabila mendapatkan bercak-bercak pada bibit, maka sebaiknya jangan dipilih. Bibit yang memiliki bercak-bercak merupakan pertanda bahwa bibit tersebut terserang penyakit.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih bibit anggrek kompot.

Keuntungan Membeli Bibit anggrek Kompot

Apa saja keuntungan membeli bibit anggrek kompot? Keuntungan dari membeli bibit anggrek kompot adalah resiko matinya bibit akan berkurang daripada jika kita membeli bibit di dalam plantlet. Mengapa begitu? Hal ini dikarenakan bibit tidak perlu dipindahkan ke kompot.

Pemindahan bibit ke kompot biasanya banyak mendatangkan kegagalan karena memindahkan bibit dari botol ke kompot itu bukanlah hal yang mudah.

Setelah bibit anggrek di dalam kompot sudah terlihat sesak karena bibit kebanyakan sudah membesar, maka bibit tersebut bisa ditanam di dalam pot. Bagaimana cara memindahkan bibit anggrek kompot ke dalam pot? Caranya adalah sebagai berikut.

  • Masukkan pecahan genting ke dalam pot. Kira-kira satu pertiga bagian pot.
  • Masukkan media tanam hingga pot hampir penuh. Sisakan kira-kira 10 cm dari bibir pot.
  • Di atas media tanam ditambahkan sabut kelapa.
  • Barulah bibit bisa dipindahkan ke dalam pot tersebut.

Demikian teknik serta cara pembibitan anggrek kompot kusus bagi pemula.semoga bisa berguna dan jangan lupa baca juga Menanam bibit anggrek Dalam Botol(Plantlet)

Advertisements
Teknik Pembibitan Anggrek Kompot Pot | Penulis | 4.5