Teknik Pemupukan Tanaman Bunga Anggrek

Teknik Pemupukan Tanaman Bunga Anggrek – Perawatan yang benar akan menentukan bagaimana tanaman anggrek kedepannya. Salah satu perawatan yang harus dilakukan adalah pemupukan kepada tanaman bunga anggrek. Pemupukan harus dilakukan ketika merawat tanaman anggrek.

Namun, proses pemupukan anggrek tidak dilakukan setiap hari. Melainkan pada saat-saat tertentu saja. Kapan proses pemupukan dilakukan? Proses pemupukan tanaman anggrek dapat dilakukan pada saat proses pembungaan.

Advertisements

Mengapa pada saat pembungaan proses pemupukan dilakukan? Karena pada saat pembungaan, tanaman anggrek sangat membutuhkan beberapa unsur yang hanya bisa terpenuhi dengan cara memupuk tanaman angggrek tersebut. Dengan cara seperti itulah unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tanaman anggrek pada saat proses pembunggaan bisa terpenuhi.Teknik Pemupukan Tanaman Bunga Anggrek

Apa-apa saja unsur yang dibutuhkan oleh tanaman anggrek pada saat pembungaan? Unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tanaman pada saat pembungaan adalah sebagai berikut.

Teknik Pemupukan Tanaman Bunga Anggrek

  • Unsur klor (Cl). Unsur klor (Cl) disini fungsinya adalah untuk mengatur air pada saat foto sintesis berlangsung. Selain itu, fungsi lainnya adalah untuk membuka maupun menutup mulut daun (stomata).
  • Unsur mikro boron (B).  Unsur boron (B) fungsinya adalah mengatur air ke dalamsel-sel, metabolisme nitrogen, menjaga ketersediaan kalsium dalam larutan pada tanaman anggrek. Apa yang akan terjadi jika tanaman anggrek kekurangan unsur mikro boron (B) ini? Yang akan terjadi apabila tanaman anggrek kekurangan unsur tersebut adalah akan menyebabkan matinnya meristem akar dan meristem apikal.Baca juga Sabut Kelapa Untuk Tanaman Anggrek

Itulah beberapa unsur yang dibutuhkan oleh tanaman anggrek pada saat pembungaan.

Advertisements

Selain pemupukan, perawatan lainnya juga perlu dilakukan. Contohnya seperti merawat bunga supaya tidak cepat layu. Bagaimana caranya merawat bunga anggrek supaya tidak cepat layu? Caranya adalah dengan memperhatikan beberapa hal yang menyebabkan bunga menjadi layu. Dengan cara itu kita bisa belajar lebih memperhatikan bunga anggrek supaya tidak mudah layu.

Namun, bagaimana dengan bunga anggrek yang telah terlanjur layu? Apakah bila sebagian besar kuntum bunga yang sudah layu sebaiknya tangkai bunga tersebut dipotong lalu dibuang? Apabila sebagian besar kuntum bunga anggrek telah layu semua dan hanya ada satu kuntum saja yang tidak layu, sebaiknya bunga tersebut langsung dipotong dan dibuang.

Mengapa begitu? Sebab, jika tidak langsung dipotong, maka kuntum bunga yang tidak layu tersebut akan memakan seluruh sisa cadangan makanan pada tanaman tersebut.

Ada beberapa jenis anggrek yang membutuhkan kawat penyangga supaya anggrek tersebut dapat tegak. Salah satunya adalah anggrek Phalaenopsis. Anggrek phalaenopsis membutuhkan kawat penyangga supaya dapt tegak. Lantas, bagaimana cara memberi kawat penyangga supaya anggrek phalaenopsis tersebut dapat tegak? Caranya adalah sebagai berikut.

  • Pertama-tama tangkai bunga diikat dengan menggunakan plastik atau sejenisnya. Ikat longgar.
  • Kemudian hubungkan kawat penyangga dengan pengikat tangkai bunga yang telah dibuat sebelumnya.
  • Aturlah anjang pengikat tangkai bunga yang berhubungan dengan kawat penyangga. Pengaturan ini bertujuan agar rangkaian kuntum bunga terlihat tegak dan berdiri.

Mungkin hanya ini saja yang bisa saya tuliskan tentang pupuk terbaik untuk tanaman bunga anggrek.semoga bisa membantu dan berguna.Baca juga Pengendalian Hama dan Penyakit Anggrek Muda

Advertisements
Teknik Pemupukan Tanaman Bunga Anggrek | Penulis | 4.5