Teknik Penyemaian Benih Tomat Dengan Mudah

Teknik Penyemaian Benih Tomat Dengan Mudah – Benih dapat disemai dengan menggunakan beberapa bahan tertentu, yakni media tanam dan wadah yang ceper. Media tanam yang dapat digunakan untuk menyemai benih diantaranya adalah tanah, pasir dan pupuk. Ketiganya dicampur menjadi satu dengan perbandingan satu banding satu.

Selain media tanah menyemai benih juga bisa dilakukan dengan menggunakan media khusus. Media khusus ini dinilai lebih modern daripada menggunakan media lainnya. Mengapa dikatakan lebih modern?

Dikarenakan media khusus ini hanya menggunakan bahan seperti busa atau yang lebih dikenal dengan sebutan rockwool dan air sebagai medianya. Tanpa harus berkotoran, maka kita sudah bisa menyemai benih dengan mudah.Teknik Penyemaian Benih Tomat Dengan MudahDiantara keduanya, media yang paling simpel adalah media khusus. Namun, terserah kepada petani sajalah yang memilih media mana yang akan dipakai untuk menyemai benih tomat.

Advertisements

Teknik Penyemaian Benih Tomat Dengan Mudah

Apabila Anda ingin menggunakan media tanah, maka yang perlu Anda lakukan adalah menyediakan media tanam seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Setelah itu, lakukan hal seperti berikut ini:

Advertisements
  1. Sediakan wadah ceper dan media tanam yang telah dicampur menjadi satu.
  2. Selanjutnya media tanam dimasukkan ke dalam wadah ceper hingga setengah dari bagian wadah ceper tersebut.
  3. Selanjutnya pada media tanam buatlah larikan dengan cara memanjang.
  4. Membuat larikan bisa dilakukan menggunakan sebilah kayu berukuran kecil saja suda cukup.
  5. Hal selanjutnya adalah menyebarkan benih yang telah dipersiapkan sebelumnya.
  6. Aturlah ketika benih mulai ditaburkan, agar nantinya tetap baik ketika tanaman sudah mulai membesar.
  7. Setelah itu barulah benih bisa ditutup dengan menggunakan media tanam.

Meletakkan media penyemaian ini sebaiknya di tempat yang teduh dan ada pepohonan seperti lamtoro. Tempat yang teduh akan membuat media penyemain tumbuh dan berkembang dengan baik.

Sebelum media tanam dipakai untuk menyemai, sebaiknya media tanam direndam terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat dan larutan bakterisida. Hal ini harus dilakukan untuk desinfeksi benih. Benih perlu di desinfeksi.

Jika tadi telah dibahas mengenai cara menyemai dengan menggunakan media tanah, kini kita akan membahas mengenai penyemaian dengan menggunakan media khusus. Media tanam yang perlu dipersiapkan adalah rockwool dan air. Setelah itu, lakukan hal seperti berikut ini:

  1. Sediakan terlebih dahulu rockwool dan air.
  2. Setelah itu, sebelum rockwool digunakan sebagai media tanam, sebaiknya rockwool dibahasi terlebih dahulu dengan menggunakan air yang telah disediakan terlebih dahulu.
  3. Ketika membahasi rockwool dengan air, sebaiknya rockwool memang benar-benar menyerap air.
  4. Tujuan pembasahan rockwool dengan menggunakan air adalah supaya rockwool dapat mengembang hingga berkali kali lipat dari ukuran sebenarnya. Apabila rockwool mengembang, itulah rockwool yang dapat digunakan untuk media tanam.
  5. Setelah itu, barulah benih bisa dimasukkan ke dalam rockwool.
  6. Selanjutnya rockwool bisa diberikan pupuk. Pemberian pupuk sebaiknya dengan konsentrat rendah saja. Pupuk yang berlebihan sangat tidak baik untuk tumbuh kembang benih kedepannya.

Demikian Tulisan tentangĀ Teknik Penyemaian Benih Tomat Dengan Mudah semoga berguna dan bermanfaat..

Advertisements
Teknik Penyemaian Benih Tomat Dengan Mudah | Penulis | 4.5