Teknik Usaha Membudidayakan Tanaman Anggrek

Teknik Usaha Membudidayakan Tanaman Anggrek – Angrek merupakan salah satu tanaman yang memiliki potensi yang cukup besar untuk dijadikan usaha. Usaha membudidayakan anggrek kini telah banyak digeluti oleh sebagian masyarakat yang ada di Indonesia.

Bahkan kini di luar Indonesia telah ada yang membudidayakan anggrek. Kebanyakan yang menjadikan anggrek sebagai usaha adalah dari kalangan para penghobis anggrek itu sendiri.

Advertisements

Apa alasan sebagian orang mengembangkan usaha pembudidayaan anggrek? Hal ini dikarenakan anggrek merupakan tanaman yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Terutama anggrek yang berasal dari keluarga yang memang unggulan semua. Anggrek yang seperti itu biasanya nilai jual ekonomisnya sangat mahal. Walaupun mahal, tetap saja banyak yang mengincar anggrek unggulan tersebut.Teknik Usaha Membudidayakan Tanaman Anggrek

Teknik Usaha Membudidayakan Tanaman Anggrek

Untuk mendapatkan tanaman anggrek unggulan, harus ada beberapa hal yang diperhatikan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Bibit yang digunakan untuk kepentingan usaha harus berasal dari bibit unggulan dan terseleksi.
  2. Menggunakan teknologi yang tidak sederhana demi kepentingan usaha yang akan dijalani.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin menjadikan anggrek sebagai usaha yang mendatangkan nilai ekonomis yang besar.Baca juga Teknik Repotting Pada Anggrek Simpodial

Advertisements

Anggrek yang sering diperjual belikan di pasar internasional adalah jenis anggrek dalam bentuk tanaman taman, dalam bentuk tanaman pot, dalam bentuk bunga potong, dalam bentuk bibit seperti kompot, botolan dan individu.

Memilih jenis anggrek yang sesuai untuk tujuan usaha

Memilih jenis anggrek yang sesuai untuk tujuan usaha memang perlu dilakukan. Sebelum membuka usaha menjual anggrek, sebaiknya pilihlah terlebih dahulu anggrek yang sesuai demi untuk tujuan usaha.

Banyak para penghobis yang membuka usaha anggrek bertanya-tanya, mana yang lebih baik, usaha anggrek dalam bentuk tanaman pot atau usaha angrek dalam bentuk bunga potong? Antara memilih mengusahakan anggrek dalam bentuk tanaman pot atau mengusahakan anggrek dalam bentuk bunga potong memang lah sulit. Memilih mengusahakan anggrek dalam bentuk tanaman pot atau mengusahakan anggrek dalam bentuk bunga potong disesuaikan dengan lahan yang ada.

Untuk mengusahakan anggrek dalam bentuk bunga pot tidak memerlukan lahan yang luas. Cukup dengan lahan yang terbatas saja sudah bisa digunakan untuk membudidayakan anggrek bunga pot. Dengan lahan selebar 2400 meter sudah bisa digunakan untuk membuka usaha tanaman anggrek pot.

Pot memang merupakan media yang digunakan untuk membudidayakan anggrek walaupun lahan yang digunakan sangatlah terbatas. Keunggulan mengusahakan anggrek pot adalah jenis-jenis angrek yang diusahakan dapat lebih beragam. Baik itu dari segi bentuk, ukuran, maupun warna bunga anggrek tersebut.

Dan untuk mengusahakan anggrek dalam bentuk bunga potong memerlukan lahan yang luas. Lahan yang diperlukan adalah lebih dari 2400 meter. Anggrek yang ditanam juga harus terbatas tetapi jumlahnya besar dan juga seragam. Tujuan mengusahakan anggrek bunga potong adalah untuk memenuhi permintaan dari toko tempat penjualan bunga atau sejenisnya.Mungkin hanya ini saja.simak Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Anggrek

Advertisements
Teknik Usaha Membudidayakan Tanaman Anggrek | Penulis | 4.5