Tips Menanam Cabai Di Pekarangan Rumah

Tips Menanam Cabai Di Pekarangan Rumah – Pekarangan rumah yang masih luas bisa dimanfaatkan untuk membudidayakan tanaman cabai. Selain dapat mengisi lahan yang kosong, membudidayakan cabai di pekarangan rumah juga akan menguntungkan.

Terutama bagi para ibu rumah tangga. Apalagi jika harga cabai sedang melonjak tinggi. Jadi, para ibu rumah tangga tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli cabai rawit tersebut.

Membudidayakan tanaman cabai tidak boleh asal-asalan. Jika Anda membudidayakan tanaman cabai secara asal-asalan maka hasilnya akan asal-asalan juga.

Advertisements

Untuk mendapatkan hasil produksi cabai yang tinggi, kunci utamanya adalah memelihara tanaman cabai tersebut secara benar. Membudidayakan cabai secara benar ada tahapan-tahapannya. Tahapan-tahapan tersebut adalah sebagai berikut.Tips Menanam Cabai Di Pekarangan Rumah

Sebelum tanah atau lahan diolah, terlebih dahulu sediakan tanah atau lahan. Tanah yang digunakan untuk membudidayakan tanaman cabai haruslah yang subur, gembur, dan sistem drainasenya yang baik. Jika Anda ingin membudidayakan tanaman cabai dipekarangan rumah Anda, maka tanah pekarangan rumah Anda harus memenuhi syarat seperti subur, gembur, dan sistem drainasenya yang baik.

Tips Menanam Cabai Di Pekarangan Rumah

Pengolahan tanah dapat dilakukan dengan berbagai cara. Contohnya seperti mencangkul dan membajak. Pengolahan tanah dengan cara mencangkul dilakukan dengan petani tradisional. Sedangkan pengolahan tanah dengan cara membajak dilakukan dengan petani modern. Tujuan utama pengolahan tanah addalah supaya tanah yang dijadikan sebagai tempat membudidayakan tanaman cabai menjaddi gembur.

Advertisements

Setelah tanah diolah, kemudian biarkan selama 1 hingga 2 minggu. Barulah tanah dibuat bedengan. Setiap bedengan dibuat dengan tinggi 40 cm dan lebar 130 cm. Dan jarak antara bedengan satu dengan bedengan lainnya adalah 50 cm.

Setelah pembuatan bedengan selesai, kemudian berikan pupuk kandang pada tanah yang telah diolah. Pupuk kandang yang dipilih haruslah yang tidak berbau, berwarna hitam, tidak panas, dan yang paling penting memang sudah matang. Pupuk kandang yang seperti yang telah disebutkan tersebut sangatlah baik digunakan sebagai pupuk untuk pembudidayaan tanaman cabai.

Penanaman Bibit Cabai

Sebelum bibit ditanam pada lahan yang telah disediakan, terlebih dahulu bibit cabai disemai. Setelah bibit disemai, barulah penanaman dilahan terbuka dapat dilakukan. Bibit yang dipililh untuk ditanam pada lahan terbuka haruslah memenuhi beberapa syarat. Syarat-syarat tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Penanaman dapat dilakukan jika bibit telah berusia 30 hari.
  2. Bibit bebas dari hama maupun penyakit.

Jika salah satu dari kedua syarat tersebut belum bisa terpenuhi, sebaiknya bibit cabai tersebut jangan dipilih. Hal ini dilakukan agar pertumbuhan bibit dapat berjalan secara serentak tanpa terkendala hama atau penyakit maupun umur bibit yang tidak sama.

Menanam bibit cabai dilahan terbuka juga harus dengan benar dan baik. Lantas, bagaimana cara menanam bibit cabai dilahan terbuka secara benar dan baik? Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Pilih bibit yang sesuai dengan syarat bibit yang baik sesuai dengan pernyataan di atas.
  2. Setelah itu, lepaskan bibit dari polibag.
  3. Biarkan media tanam terbawa bersamaan dengan bibit cabai.
  4. Tanam cabai di lahan yang telah disediakan.
  5. Siram tanaman cabai setiap hari.

Baca Juga: Trik Penanaman Cabai Pada Musim Penghujan

Mungkin hanya ini saja tulisan yang bisa saya sampaikan tentang Tips Menanam Cabai Di Pekarangan Rumah semoga bisa berguna dan membantu..salam..

Advertisements
Tips Menanam Cabai Di Pekarangan Rumah | Penulis | 4.5