Tips Penting Menanam Cabai Musim Hujan

Tips Penting Menanam Cabai Musim Hujan – Pada saat musim hujan tiba, para petani cabai harus bersiap-siap mengeluarkan modal yang besar untuk melakukan penanaman cabai. Selain modal yang besar, ada beberapa hal lagi yang harus diperhatikan ketika menanam cabai pada musim penghujan. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Mulsa merupakan benda yang harus dipersiapkan untuk menanam cabai. Apa itu mulsa? Mulsa merupakan penutup tanaman budidaya cabai yang digunakan untuk menjaga kelembapan tanah. Selain itu, kegunaan lainnya seperti menekan tumbuhnya gulma dan penyakit. Tanpa adanya mulsa mungkin tanaman cabai yang ditanam tersebut tidak akan tumbuh dengan baik.

Pasalnya, yang membuat tanaman cabai menjadi tumbuh dengan baik adalah mulsa inilah. Dilihat dari bentuknya, mulsa terdiri atas dua jenis. Yaitu, mulsa hitam perak dan mulsa bening.

Advertisements

Tips Penting Menanam Cabai Musim Hujan

Tips Penting Menanam Cabai Musim HujanTips Penting Menanam Cabai Musim Hujan

Pada saat musim penghujan tiba, para petani cabai di Indonesia lebih banyak menggunakan mulsa plastik bening daripada mulsa hitam perak. Mengapa begitu? Hal tersebut dikarenakan mulsa plastik bening atau sering disebut sebagai plastik bening ini harganya lebih murah daripada mulsa hitam perak. Dengan harga yang murah dapat menekan biaya yang dikeluarkan.

Cara memasang plastik bening ini cukup mudah. Hanya dengan mempersiapkan bambu kemudian bambu tersebut ditegakkan di atas tanah hingga membentuk sebuah bedengan. Setelah itu, letakkan plastik bening pada kerangka yang telah dibuat tersebut.

Advertisements

Menggunakan mulsa jenis plastik bening ini untuk pembuatan bedengan dinilai memiliki banyak sekali kelebihan. Diantaranya adalah, tanaman cabai yang telah berada di dalam bedeng tersebut tidak memerlukan penyemprotan cairan pestisida yang terlalu sering. Cukup satu kali sehari saja sudah cukup untuk menjaga tanaman agar tetap tidak terserang oleh penyakit. Selain itu, bedeng dapat dibuka tutup sehingga memudahkan para petani untuk membuka tutup bedengan tersebut.

  • Memilih jenis cabai

Pemilihan jenis cabai yang baik pada saat musim hujan itu sangat penting. Sebelum memilih benih cabai, pilih lah terlebih dahulu jenis cabai apa yang cocok ditanam pada musim penghujan.

Ingatlah, tidak semua jenis cabai dapat dibudidayakan ketika musim penghujan tiba. Hanya cabai-cabai jenis tertentu yang bisa dibudidayakan ketika musim penghujan. Lantas, jenis cabai apa yang bisa dibudidayakan pada saat musim penghujan tiba? Salah satu jenis cabai yang dapat dibudidayakan adalah jenis cabai keriting.

Mengapa jenis cabai keriting dapat dibudidayakan pada musim penghujan? Hal tersebut karena cabai keriting tersebut merupakan jenis cabai yang tahan terhadap kelembapan udara. Bahkan, cabai keriting ini lebih tahan terhadap kelembapan udara daripada cabai merah besar.

Baca Juga: Trik Penanaman Cabai Pada Musim Penghujan

Jadi tak heran jika pada musim penghujan tiba, lahan kebun cabai yang biasanya terlihat cabai merah besar, kini terlihat cabai keriting. Pemandangan yang cukup berbeda pada saat musim penghujan dengan musim kemarau.demakian sedikit tulisan Tips Penting Menanam Cabai Musim Hujan semoga bisa membantu..salam.

Advertisements
Tips Penting Menanam Cabai Musim Hujan | Penulis | 4.5