Tips Sebelum Menanam Sayuran Ala Rumahan

Tips Sebelum Menanam Sayuran Ala Rumahan – Sebelum penanaman sayur mulai dilakukan, sebaiknya lakukan terlebih dahulu perencanaan penanaman. Perencanaan ini dilakukan supaya tidak terjadi kendala apapun pada saat proses penanaman sedang berlangsung.

Apa saja perencanaan penanaman yang harus Anda lakukan? Perencanaan penanaman yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut.

Hal pertama yang Anda harus rencanakan sebelum proses penanaman berlangsung adalah menyiapakan media tanam. Media tanam merupakan hal yang sangat penting kegunaannya. Jika tidak direncanakan terlebih dahulu, maka bisa saja Anda kekurangan media tanam. Sedangkan kekurangan media tanam tidaklah bagus untuk tanaman kedepannya.Tips Sebelum Menanam Sayuran Ala Rumahan

Advertisements

Tips Sebelum Menanam Sayuran Ala Rumahan

Apabila Anda memiliki lahan yang luas, maka Anda bisa membersihkan lahan tersebut dan menjadikan lahan tersebut sebagai media tanam. Namun tidak semua lahan yang luas yang bisa digunakan sebagai media tanam. Lahan yang bisa digunakan sebagai media tanam adalah yang mengandung unsur mineral maupun bahan organik. Kedua hal tersebut jangan sampai terlewatkan.

Pada saat melakukan pembersihan lahan, usahakan jangan menggunakan pestisida atau bahan kimia lainnya. Sebab itu akan membahayakan bagi tanaman sayuran kedepannya.

Menentukan jenis tanaman

Sebelum penanaman dilakukan, sebaiknya Anda harus memilih jenis tanaman apa yang akan Anda tanam. Sebaiknya pilihlah jenis tanaman yang bermanfaat bagi keluarga Anda. Contohnya saja seperti memenuhi keperluan dapur maka Anda bisa memilih jenis tanaman seperti cabai, tomat atau sayuran.

Advertisements

Jika Anda lebih berminat memilih jenis tanaman sayuran, maka tentukanlah dari awal sebelum penanaman berlangsung. Hal ini dilakukan supaya hasil panen akan bagus.

Memelihara tanaman

Setelah menanam tanaman, hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah memelihara tanaman. Setiap tanaman itu pemeliharaannya berbeda-beda. Ada tanaman yang memiliki tingkat pemeliharaan yang sulit dan ada juga tingkat pemeliharaannya yang senang. Semua tergantung kepada tanaman apa yang Anda tanam.

Bisa dikatakan bahwa memelihara tanaman merupakan kunci utama meraih kesuksesan bertanam. Apabila Anda memelihara tanaman Anda dengan baik maka hasil panennya akan menunjukkan hasil yang sama yaitu hasil yang baik.Jangan lupa baca juga Cara Menanam Sayuran Model Vertikultura

Begitu pula sebaliknya, jika Anda memelihara tanaman Anda dengan tidak baik maka hasil panennya juga tidak baik dan tidak sesuai dengan keinginan Anda.

Pemeliharaan tanaman meliputi penyiangan, penyiraman, pemupukan, dan yang terakhir adalah pengendalian hama maupun penyakit.

Peletakan tanaman

Apabila Anda menanam tanaman yang beragam dan berbeda jenis, maka Anda bisa meletakkan tanaman sesuai dengan besar atau kecilnya tanaman tersebut. Cara meletakkan tanaman yang benar adalah untuk tanaman yang kecil diletakkan pada bagian terdepan dan menghadap kearah timur. Sedangkan tanaman yang berukuran besar bisa diletakkan pada bagian belakang dan menghadap kearah barat.

Letakkanlah secara bertingkat layaknya anak tangga. Mengapa tanaman yang kecil diletakkan dibagian paling pertama? Hal tersebut dilakukan supaya tanaman yang berukuran besar tidak menutupi tanaman yang berukuran kecil untuk mendapatkan sinar matahari. Karena itulah tanaman diletakkan seperti yang telah dijelaskan.jangan lupa baca juga Jenis Sayuran Kandungan Serat Tinggi

Advertisements
Tips Sebelum Menanam Sayuran Ala Rumahan | Penulis | 4.5