Trik Memilih Bibit Cabai Yang Berkualitas Unggul

Trik Memilih Bibit Cabai Yang Berkualitas Unggul – Memilih cabai yang berkualitas merupakan hal yang paling membangakan bagi para petani cabai. Mengapa begitu? Sebab, mendapatkan cabai yang berkualitas itu bukanlah perkara yang gampang. Tidak semua petani yang bisa mendapatkan hasil panen cabai yang berkualitas.

Hasil panen cabai yang berkualitas itu pastilah ada penyebabnya. Yang menyebabkan hasil panen cabai menjadi berkualitas adalah karena beberapa faktor. Beberapa faktor tersebut adalah sebagai berikut.

Proses pembibitan merupakan proses yang menentukan baik atau tidaknya cabai yang akan dipanen. Mengapa begitu? Pasalnya, pada saat pembibitan inilah ditentukan bibit mana yang akan dipakai untuk ditanam. Jika bibit cabai berasal dari induk yang berkualitas maka cabai yang akan ditanam juga akan berkualitas. Begitu pula sebaliknya.Trik Memilih Bibit Cabai Yang Berkualitas Unggul

Advertisements

Trik Memilih Bibit Cabai Yang Berkualitas Unggul

Namun, tidak semua jenis bibit itu sama dengan induknya. Ada juga bibit yang tidak sama dengan induknya. Sebagai contohnya, apabila induk dari bibit tersebut merupakan cabai yang berkualitas, tidak sepenuhnya bibit cabai tersebut menjadi tanaman cabai yang berkualitas sama seperti induknya. Akan tetapi, untuk menjadi tanaman cabai yang berkualitas sama seperti induknya juga tidak menutup kemungkinan.

Selain bibit cabai, yang harus diperhatikan juga adalah media tanam. Media tanam yang dipakai untuk menanam cabai adalah campuran tanah yang subur dengan pupuk kandang. Perbandingan yang dianjurkan adalah 2 : 2.

Advertisements

Letakkanlah bibit cabai ditempat yang ada naungannya seperti di bawah pohon atau dimana saja yang ada naungannya. Penyiraman bibit juga harus dilakukan setiap harinya. Setelah umur bibit cabai sudah mencapai satu bulan setelah proses pembibitan berlangsung, tanaman cabai bisa langsung ditanam dilapangan.

  • Proses menyiapkan lahan

Lahan juga berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman cabai. Lahan yang baik adalah yang berada pada tanah yang berkelembapan stabil. Biasanya para petani cabai membuat bedengan untuk menanam cabai. Bedengan biasanya dibuat dengan lebar 130 cm dan tingginya 60 cm.

  • Proses memasang mulsa plastik hitam perak

Pemasangan mulsa plastik hitam perak bisa dilakukan saat bibit telah ditanam atau sebelum bibit ditanam. Namun kebanyakan petani memasang mulsa plasti pada saat bibit sebelum dipanen.

Pemasangan mulsa plastik yang baik bisa dilakukan pada saat siang hari. Jika perlu dilakukan pada saat jam dua belas siang. Mengapa harus pada waktu siang hari pemasangan mulsa plastik dilakukan?

Hal tersebut dikarenakan mulsa plastik hanya akan mengembang pada saat terik matahari. Sedangkan jika mulsa plastik dipasang pada saat pagi atau sore hari, terik matahari tidak sepanas pada saat siang hari.

  • Proses penanaman

Setelah semuanya telah dipenuhi, kini saatnya proses penanaman dilakukan. Proses penanaman cabai sama seperti penanaman tanaman lainnya. Penanaman yang baik dilakukan pada pagi hari. Buatlah lubang yang nantinya akan digunakan untuk meletakkan bibit cabai. Berikan jarak sekitar 70 cm antara lubang satu dengan lubang yang lainnya.

  • Proses pemeliharaan tanaman cabai

Memelihara tanaman cabai harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Pemeliharaan yang baik dan benar akan membuat bibit cabai tumbuh menjadi cabai yang berkualitas.demikian Trik Memilih Bibit Cabai Yang Berkualitas Unggul semoga bisa berguna..

Advertisements
Trik Memilih Bibit Cabai Yang Berkualitas Unggul | Penulis | 4.5