Trik Penanaman Cabai Pada Musim Penghujan

Trik Penanaman Cabai Pada Musim Penghujan – Menanam cabai pada saat musim penghujan bukanlha perkara yang mudah. Pasalnya, pada saat musim penghujan, tanaman cabai sulit untuk tumbuh. Kalaupun ada yang tumbuh, tanaman cabai tersebut akan habis terkena serangan penyakit.

Semua peralatan dan kebutuhan selama proses penanaman cabai pada musim penghujan berlangsung harus dipenuhi. Salah satunya adalah bibit atau benih. Kebutuhan benih harus lah dipenuhi. Benih yang harus dipilih adalah benih yang berkualitas. Apalagi jika untuk penanaman pada saat musim penghujan. Benih yang berkualitas haruslah terpenuhi.

Dengan benih yang berkualitas ini, resiko kegagalan panen akan sedikit berkurang. Mengapa begitu? Hal tersebut dikarenakan, salah satu penyebab kegagalan panen disebabkan oleh benih yang tidak berkualitas. Banyak para petani yang mengalami gagal panen karena petani cabai tersebut tidak memilih benih yang berkuaitas.Trik Penanaman Cabai Pada Musim Penghujan

Advertisements

Trik Penanaman Cabai Pada Musim Penghujan

Dan yang paling banyak mengalami kegagalan adalah petani tradisional. Mengapa yang banyak mengalami kegagalan panen adalah petani trardisional? Hal tersebut dikarenakan petani tradisional menggunakan benih buatan sendiri. Benih buatan sendiri dinilai lebih murah. Namun, kelemahannya adalah benih buatan sendiri kualitasnya jauh daripada benih impor.

Mengapa petani tradisional tidak memakai benih impor? Hal tersebut karena benih impor harganya jauh lebih mahal daripada benih buatan sendiri. Namun kualitasnya jauh lebih baik daripada benih impor.

Advertisements

Apabila para petani cabai ingin tanaman cabainya tidak gagal panen lagi ketika musim hujan tiba, maka bisa menggunakan benih impor. Kualitasnya sangat terjamin dan resiko gagal panen akan semakin kecil.

Bertanam cabai pada saat musim penghujan memang tingkat kegagalan panennya sangat tinggi. Banyak petani cabai yang tidak berani mengambil resiko ini. Kerugian yang akan ditanggung jika mengalami gagal panen juga besar, bahkan sangat besar.

Modal yang dibutuhkan untuk menanam cabai pada saat musim penghujan harus lah besar. Apabila modal yang digunakan sangat kecil, maka kegagalan panen pun akan terjadi. Umumnya, petani di Indonesia hanya menanamkan modalnya sekitar Rp 4.000.000,- saja. Sedangkan modal untuk bertanam cabai pada musim penghujan jauh diatas modal tersebut.

Lantas, berapa modal yang dibutuhkan untuk bertanam cabai pada musim penghujan? Modal yang harus disiapkan para petani cabai addalah Rp 45.000.000,- per hektarnya. Modal yang sangat besar. Tidak semua petani cabai di Indonesia yang bisa menyiapkan modal yang begitu besar. Modal tersebut belum tentu bisa menjamin penanaman cabai akan berhasil.

Kebanyakan para petani cabai di Indonesia menanam cabai di pinggir jalan. Menanam cabai di pinggir jalan bukanlah hal yang baik. Mengapa begitu? Hal tersebut karena tanah di tepian jalan tersebut sudah tercemar oleh bakteri maupun cendawan. Sedangkan bakteri dan cendawan merupakan penyebab bagi kegagalan.

Baca Juga: Lokasi varietas Menanam Cabai Musim Hujan

Pada musim penghujan, cabai hasil panen yang tidak akan sebanyak pada musim kemarau. Hal tersebut karena cahaya matahari jarang keluar. Sedangkan pada musim kemarau, intensitas cahaya sangat bagus untuk cabai itu sendiri.sekian Trik Penanaman Cabai Pada Musim Penghujan semoga bisa membantu..salam..

Advertisements
Trik Penanaman Cabai Pada Musim Penghujan | Penulis | 4.5