Ulat daun ulat buah lalat buah Pada Cabai

Ulat daun ulat buah lalat buah Pada Cabai – Ulat daun, ulat buah, dan lalat buah termasuk ke dalam kolompok apakah itu?  Ketiga hewan tersebut termasuk ke dalam kelompok hama. Bentuknya yang kecil yang membuatnya termasuk ke dalam kelompok hama. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai ketiga hama tersebut, mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Ulat daun merupakan salah satu hama yang sering menyerang tanaman cabai. Tanda-tanda apabila ulat daun telah menyerang tanaman cabai terlihat dari daun cabai yang berlubang-lubang. Apabila serangan ulat daun ini telah lama bahkan bisa mengakibatkan daun menjadi rontok.Ulat daun ulat buah lalat buah Pada Cabai

Advertisements

Hama ulat yang satu ini diberi nama ulat daun karena ulat ini ketika menyerang tanaman, hanya menyerang pada bagian daunnya saja. Karena itulah ulat daun ini diberi nama sebagai ulat daun.

Ulat daun ulat buah lalat buah Pada Cabai

Ulat daun ini sangat berbahaya bagi tanaman cabai. Mengapa berbahaya bagi tanaman cabai? Hal ini dikarenakan ulat daun dapat menyebabkan proses fotosintesis menjadi terganggu. Sedangkan proses fotosintesis ini sangat dibutuhkan oleh tanaman cabai. Akibat yang ditimbulkan dari serangan hama ulat daun adalah hasil panen cabai akan berkurang.

Hal ini tak lain disebabkan oleh proses fotosintesis yang terganggu oleh adanya serangan ulat daun. Apabila ulat daun ini tidak segera diatasi dan tidak segera diberantas, maka ulat daun ini akan menyerang tanaman cabai lainnya dan berakibat kepada kurangnya hasil panen cabai.

Advertisements

Bagaimana cara mengendalikan serangan ulat daun ini? Cara mengendalikannya ada dua cara. Dengan cara alami dan dengan cara kimia. Mengendalikan hama ulat daun ini dengan cara alami cukup dengan menyediakan perangkap yang digunakan untuk menangkap ulat daun ini. Sedangkan pengendalian dengan cara kimia cukup dengan memberikan insektisida ke tanaman cabai secukupnya dan sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan.

  • Ulat buah

Ulat buah menyerang taaman cabai pada bagian buah cabai. Nama ulat buah diambil karena ulat ini sering menyerang pada bagian buah tanaman. Tanda-tanda bahwa tanaman cabai telah terserang hama yang satu ini adalah buahnya yang berlubang-lubang. Buah yang berlubang-lubang ini dikarenakan ulat buah menggerogoti buah hingga berlubang bahkan ada yang sampai habis dimakan oleh ulat buah ini.

Apabila petani mendapatkan serangan ulat buah ini, langsung saja diberantas. Sebab,  jika dibiarkan terlalu lama juga tidak baik untuk tanaman cabai itu. Bagaimana cara mengendalikan serangan ulat buah ini? Cara mengendalikannya adalah dengan menggunakan cairan insektisida yang disemprotkan ke tanaman cabai yang terserang ulat buah ini.

  • Lalat buah

Yang menyerang tanaman cabai bukanlah lalatnya, namun larva yang dihasilkan dari lalat itulah yang menyerang tanaman cabai. Mula-mula lalat singgah disalah satu buah pada tanaman cabai. Setelah itu, barulah lalat tersebut bertelur dan telur menghasilkan larva. Larva inilah yang akan menggerogoti bagian dalam buah cabai.

Baca Juga: Pengendalian Hama Pada Tanaman Cabai

Cara mengendalikan lalat buah adalah dengan cara menyemprotkan cairan insektisida sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan.sekian Ulat daun ulat buah lalat buah Pada Cabai semoga bisa membantu..salam..

Advertisements
Ulat daun ulat buah lalat buah Pada Cabai | Penulis | 4.5