Umur dan Waktu Panen Buah Tomat

Umur dan Waktu Panen Buah Tomat – Panen merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu bagi setiap petani. Pasalnya pada proses panen inilah hasil dari bertanam sendiri akhirnya berhasil juga. Mungkin bagi sebagian orang, memanen tanaman hasil jerih payah sendiri merupakan suatu kebanggaan tersendiri.

Ketika memanen tomat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Memanen tomat juga tidak boleh sembarangan. Ada teknik-teknik tersendiri. Dengan teknik-teknik memanen tomat tersebutlah, tomat yang akan dihasilkan akan menjadi tomat yang dapat dikonsumsi.

Untuk memanen tomat sendiri memerlukan beberapa teknik khusus. Apabila panen dilakukan dengan cara yang baik, maka hasilnya juga akan baik. Sebaliknya, jika panen dilakukan dengan cara yang salah, maka hasilnya juga akan tidak baik.Umur dan Waktu Panen Buah Tomat

Advertisements

Umur dan Waktu Panen Buah Tomat

Tomat yang sudah siap untuk dipanen, memiliki ciri-ciri khusus. Ciri-ciri bahwa tomat telah siap untuk dipanen adalah sebagai berikut:

Dapat dilihat dari fisik

Siap atau tidaknya buah tomat dipanen bisa dilihat dari fisik buah tomat. Ketika tomat sudah bisa dilepas dari tangkainya dengan menggunakan tangan dan sudah bisa dilepas dengan sangat mudah, berarti buah sudah siap dipanen.

Baca juga: Tahapan Merawat Tanaman Tomat Budidaya

Begitu pula sebaliknya, apabila tomat sangat sulit dilepas dari tangkainya, berarti tomat tersebut belum bisa dipanen.Selain itu, apabila berat dari tomat sudah memenuhi kriteria, maka tomat sudah bisa dipanen.

Dapat dilihat dari visual

Tomat yang sudah siap panen dapat dilihat juga secara visual. Untuk melihat kematangan tomat secara visual dapat dilihat dari warna kulit tomat.

Advertisements

Apabila tomat sudah berwarna merah tua, maka itu tandanya tomat sudah matang dan siap dipanen. Selain itu, karena tomat hanya dapat bertahan hidup hingga satu kali pemanenan, jadi ketika tomat sudah siap untuk dipanen, maka tubuh tanaman akan mulai mengering sedikit demi sedikit.

Dapat dilihat dari penghitungan hari

Petani yang baik adalah yang dapat menghitung kapan tanamannya bisa dipanen. Selain itu, menghitung hari kapan tanaman bisa dipanen juga akan mempermudah dalam pemanenan.

Baca Juga: Pengendalian Hama dan Penyakit Buah Tomat

Walaupun kelihatannya sulit, namun sebenarnya itu mudah. Hanya saja diperlukan kerajinan untuk menghitung hari atau tanggal.

Menghitung hari atau tanggal dapat dimulai pada saat tanaman baru saja dipindahkan ke pot permanen. Setelah itu barulah penghitungan tanggal dimulai hingga hari dimana panen dilakukan.

Dari ketiga ciri-ciri khusus yang menunjukkan bahwa tomat sudah siap panen, pasti ada salah satunya yang dipakai sebagian orang untuk menentukan apakah tomatnya sudah siap dipanen atau belum.

Dari dulu hingga sekarang, sebagian orang lebih banyak menggunakan teknik visual ketika menentukan siap tidaknya tomat untuk dipanen.

Mengapa lebih banyak menggunakan teknik visual? Hal ini dikarenakan, mudahnya dalam menentukan masa panen tomat. Salah satunya dengan melihat dari warna kulit tomat yang berubah menjadi kemerahan ketika sudah matang.

Baca juga: Mengobati Penyakit Pada Tanaman Buah Tomat

Hanya dengan melihat warna kulit tomat saja, kita sudah bisa menentukan apakah tomat sudah siap dipanen atau belum.Sekian penjelasan tentang Umur dan Waktu Panen Buah Tomat semoga bisa membantu dan berguna…salam.

Advertisements
Umur dan Waktu Panen Buah Tomat | Penulis | 4.5