Waktu Tepat Penyiraman Tanaman Anggrek

Waktu Tepat Penyiraman Tanaman Anggrek – Penyiraman tanaman anggrek merupakan hal yang harus dilakukan. Anggrek merupakan salah satu tanaman yang membutuhkan air. Kebutuhan akan air harus dipenuhi.

Air memiliki berbagai macam fungsi bagi tanaman anggrek. Apa-apa saja fungsi air bagi tanaman anggrek? Fungsi air bagi tanaman anggrek diantaranya adalah sebagai berikut.

Advertisements
  • Pengaturan suhu dalam jaringan tanaman.
  • Mempertahankan turgor dalam proses fotosintesis.

Itulah beberapa fungsi air bagi tanaman anggrek.

Tanaman anggrek merupakan tanaman yang membutuhkan air untuk melangsungkan kehidupannya. Kapan waktu penyiraman yang baik? Dan berapa kali dalam satu hari? Penyiraman yang baik dapat dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari. Pagi hari dan sore hari merupakan waktu yang tepat untuk melakukan penyiraman pada tanaman anggrek.Waktu Tepat Penyiraman Tanaman Anggrek

Waktu Tepat Penyiraman Tanaman Anggrek

Penyiraman yang dilakukan pada pagi hari bisa dilakukan pada saat sebelum matahari mulai terbit, yaitu pukul 06.30. Sedangkan penyiraman yang dilakukan pada sore hari bisa dilakukan pada saat matahari mulai terbenam, yaitu pukul  17.30.

Ketika melakukan penyiraman, sebaiknya jangan terlalu sedikit dan juga jangan terlalu banyak. Penyiraman yang terlalu sedikit akan menyebabkan tanah akan kekurangan air dan akibatnya adalah tanaman anggrek akan kekeringan karena kekurangan air tersebut.

Sedangkan apabila penyiraman dilakukan terlalu banyak akan menyebabkan air menjadi tergenang dan akibatnya adalah akar menjadi busuk karena banyaknya air yang diterima oleh tanaman anggrek tersebut.Baca juga Teknik Pemupukan Tanaman Bunga Anggrek

Advertisements

Banyak sedikitnya penyiraman pada tanaman anggrek dipengaruhi oleh beberapa faktor. Beberapa faktor tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Tanaman anggrek yang sedang tumbuh dengan aktif lebih banyak membutuhkan air. Berbeda dengan tanaman anggrek yang sedang berbunga yang lebih sedikit membutuhkan air. Mengapa begitu? Karena sel-sel pada tanaman aktif tersebut aktif membelah diri dan membutuhkan banyak air untuk mengisi sel-sel tersebut.
  • Beberapa jenis anggrek ada yang banyak membutuhkan sinar matahari (hidup di bawah cahaya matahari tanpa menggunakan naungan). Anggrek yang seperti itu biasanya juga banyak membutuhkan air sama seperti membutuhkan sinar matahari. Apalagi saat musim kemarau tiba. Penyiraman tidak cukup dilakukan dua kali sehari. Dibutuhkan penyiraman lebih dari dua kali dalam sehari apabila musim kemarau tiba. Contoh jenis anggrek yang seperti itu diantaranya seperti Aranthera, Vanda, Arachnis, dan Renanthera.
  • Media tumbuh yang digunakan untuk tempat melekatnya akar dan menyimpan air dan hara juga mempengaruhi penyiraman. Disetiap daerah tidaklah sama media tumbuhnya. Salah satu contohnya adalah di daerah yang mempunyai kelembapan yang tinggi. Daerah yang mempunyai kelembapan yang tinggi tidak bisa menggunakan media yang banyak menyimpan air. Hal ini dikarenakan media yang banyak menyimpan air akan selalu basah dan akan membuat akar menjadi busuk.
  • Anggrek yang tidak memiliki umbi semu biasanya tidak tahan kering dan lebih banyak membutuhkan air daripada anggrek yang memiliki umbi semu.

Demikian sedikit tata cara penyiraman tanaman anggrek serta tata cara perawatan anggrek harian agar anggrek bisa berbunga setiap hari.sekian dan jangan lupa baca juga Merangsang Tanaman Anggrek Agar Berbunga

Advertisements
Waktu Tepat Penyiraman Tanaman Anggrek | Penulis | 4.5